Kadistan Kabupaten Cirebon Beberkan Manfaat Urban Farming di Tengah Pandemi Covid-19

0

Cirebon, Inderawaspada.com- Pandemi virus corona atau Covid-19 berdampak pada aspek sendi-sendi kehidupan seperti permasalahan sosial dan ekonomi.

Untuk itu, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Cirebon, H Ali Effendi mengajak kepada masyarakat untuk melakukan aktivitas urban farming di setiap pekarangan rumah. Hal ini dilakukan agar dapat menghasilkan makanan sehat yang dapat dikonsumsi.

“Saya harap pekarangan rumah untuk ditanamin sayuran, dan buah-buahan. Dan sekarang kita sudah mengajarkan hydroponik dirumah itu tanam pot. Jadi sekarang misalnya, orang gak usah beli cabai. Tanam pakai pot yang terbuat dari plastik, dari situ cukup,” kata Ali di kantornya pada Selasa, 25 Agustus 2020 pagi.

Ali menilai jika aktifitas urban farming terus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, sangat cukup untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Ia mencontohkan, jika dalam satu halaman rumah ditanam berbagai jenis komoditas tanaman seperti buah-bahan maupun sayuran.

“Tinggal disiram, gak pernah habis. Kangkung juga per Minggu sudah panen, begitu juga tanaman lainnya,” ujarnya.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, Ali ingin masyarakat Kabupaten Cirebon lebih mencintai pertanian. Sebab, kata dia, dengan aktifitas urban farming banyak manfaat yang diperoleh.

“Termasuk ibu-ibu rumah tangga, nanam buah-buahan, dan sayuran dipekarangan maupun di sekitar rumahnya. Dari segi lingkungan tanaman bagus untuk O2 alami, indah, dan sehat terus dari segi ekonomi bisa menghasilkan,” ungkap Ali.

Kadistan Kabupaten Cirebon H Ali Effendi di ruang kerjannya, Selasa (25/8/2020) pagi. (Foto: Ubid/Inderawaspada.com)
Kadistan Kabupaten Cirebon H Ali Effendi di ruang kerjannya, Selasa (25/8/2020) pagi. (Foto: Ubid/Inderawaspada.com)

Diakhir penuturannya, Ali meminta kepada para petani agar lebih semangat untuk meningkatkan produksi dengan memanfaatkan teknologi serta mengoptimalkan lahan pekarangan maupun sawah.

“Jadi meningkatkan Indeks Pangan (IP), kalau bisa tanam 3 kali padi. Jika tidak tiga kali, dua kali tanam padi dan sayuran,” ujarnya.

“Kemudian jangan ada lahan-lahan atau perkarangan yang kosong, tanamin buah-buahan, dan sayuran, manfaatkan. Baik dipinggir jalan maupun rumah,” tambah Ali.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: