Sebagai Desa Pinunjul, Desa Cibeureum, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Lestarikan Adat/Budaya dan Seni

0

Kuningan, Inderawaspada.com- Desa Cibeureum merupakan sebuah Desa yang terletak di kecamatan cilimus Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat, Desa ini dikategorikan sebagai Desa Pinunjul dan masih melestarikan Adat, Budaya dan Seni, hal itu dikemukakan oleh Kepala Desa Cibeureum Bapak Suheri, (01/10/20)

Awal mula nya adanya Desa Cibeureum menurut cerita sejarah singkat dari sesepuh, Di sekitar setu Sanghiyang Kendit itu ada terjadi peperangan di sekitar setu terjadilah pertumpahan darah sehingga mengakibatkan kan air di setu sanghiyang Kendit menjadi merah atau menurut orang Sunda Beureum dari situ lah cikal bakal nama desa ini menjadi Desa Cibeureum.

Di samping itu Desa Cibeureum sendiri mempunyai komoditi unggulan di bidang UMKM salah satu nya adalah hasil bumi KOPI, ada sekitar 4 UMKM yang bergerak di bidang usaha kopi dan mempunyai masing masing pasar dari kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas.
Kopi Desa Cibeureum sendiri mempunyai kwalitas di atas rata rata.

Selain mempunyai ke unggulan kopi desa cibeureum mempunyai ciri khas masyarakat nya dengan pengrajin Boboko yg terbuat dari bahan bambu dengan cara di anyam.

Boboko sendiri sudah ada dari jaman nenek moyang bahkan sampe sekarang masih tetap di lestarikan sebagian oleh masyarakat nya sendiri.

Untuk pemasaran boboko di Desa Cibeureum ini ada penampung/pengepul bahkan ada yang dari luar Desa langsung membeli ke pengrajin.
Menurut paparan salah satu warga kepada media, untuk jaman sekarang ini boboko ini sudah hampir punah karena anak anak muda sekarang ini jarang sekali yang mau belajar untuk membuat boboko sangat di sayang kan padahal ini bisa untuk bekal di hari tua.

Selain itu Desa Cibeureum ternyata mempunyai situs/petilasan yang bernama Rama buyut Pangeran Endang Jumaga yang konon menurut cerita singkat beliau yang pertama kali singgah dan mendirikan suatu kehiduoan/kependudukan di Desa ini (Cibeureum).

Dan selain keunggulan UMKM juga mempunyai situs ternyata Desa Cibeureum ini masih melestarikan Adat/Budaya dan Seni tradisional yang di selenggarakan setiap tahun nya seperti sebelum bulan Ramadhan/puasa yaitu bulan ruwah itu ada pentas seni wayang Purwa dari kaCirebonan, dan juga ketika memperingati maulid nabi Desa Cibeureum ini selalu mengadakan alat musik gembyung.

Selain itu di desa ini sering mengadakan upacara adat yaitu syukuran hasil bumi atau sering di bilang Sabumi tradisi ini yang masih di lestarikan sampe saat ini.

“Harapan untuk UMKM dan masyarakat juga kepada anak anak muda yg bergerak di bidang UMKM itu harus bisa ada peningkatan kapasitas supaya bisa bersaing di pasar yang lebih luas lagi, dan selalu tetap melestarikan adat/Seni/budaya yg sudah ada dari dulu sampe sekarang ini,”Ujar kepala Desa Cibeureum Bapak Suheri kepada media. (Den/Rie)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: