Kerobohan Pohon, Punden Jerbeng Butuh Perhatian Pemerintah

0

Mojokerto, Inderawaspada.com- Akibat angin besar, pohon yang berusia ratusan tahun, Selasa (16/6/2020) sekitar pukul 14.00 WIB, di Desa Sajen, Pacet, Mojokerto roboh menimpa Punden Jerbeng hingga mengalami kerusakan para di bagian atap.

Yogi Mahadev Parameswara selaku pemerhati cagar budaya mengatakan bahwa sesepuh desa setempat, Punden Jerbeng merupakan lokasi bersemayamnya salah satu putri Majapahit Sri Gangga Dara, anak dari pasangan Anuma Kerta. Jerbeng sendiri berarti tempat khusus untuk mendekatkan diri pada sang pencipta alam.

Mendengar kabar musibah yang menimpa situs bersejarah tersebut, Yogi merasa sangat menyayangkan dan langsung meninjau ke lokasi memastikan kerusakan candi.

Pria yang hobby memainkan gitar klasik ini mengaku prihatin terhadap kejadian tersebut dan berharap pemerintah setempat segera bertindak melakukan perbaikan tanpa mengubah keaslian bangunam seperti semula.

“iya mas, punden ini sebenarnya terawat dengan baik, sudah di pagar tapi sekarang atapnya kerobohan pohon,” ucap Yogi.

“Kami berharap Pemerintah melalui Dinas yang berwenang menaungi cagar budaya, segera melakukan pembangunan. Tapi jangan merubah keasliannya,” tambahnya.

Yogi menjelaskan lebih lanjut, dalam melestarikan situs bersejarah tersebut, Punden Jerbeng yang telah didata Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) tersebut, masyarakat setempat telah melakukan pelestarian dan menjaganya dengan sangat baik bahkan telah melakukan swadaya pembangunan disekitarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: