Kisah Pilu Ade, Seorang Petugas Kebersihan Asal Kabupaten Cirebon 

0

Cirebon, inderawaspada.com- Sosok Ade Kanedi (54) nampak begitu semangat dalam melakoni profesinya sebagai salah satu punggawa petugas kebersihan di Desa Setu Wetan, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. 

Dia tak menghiraukan aroma yang menyengat dan adanya lalat maupun belatung pada tempat pembuangan sampah di Blok Batu Ampar RT 10 RW 04, Desa Setu Wetan.

Hampir disetiap hari, ia rela menghabiskan waktunya di tempat tersebut.

Terlebih jika terik matahari menyengat, ia mengusap keringat di dahi dengan tangannya. Meski begitu, tak menyurutkan niatnya untuk tetap melakoni profesinya tersebut.

Kepada inderawaspada.com, Ade menceritakan sebuah kisah pilunya. Demi bertahan hidup, ia hanya mengandalkan upahnya sebesar Rp 675 ribu setiap bulan.

“Kalau pribadi saya udah pisah dengan istri saya, kalau saya membantu setiap bulan nyumbang Rp 300 ribu untuk anak saya,” cerita Ade saat ditemui awak media ini disela-sela kesibukannya, Rabu (14/10/2020) sore.

Ia melanjutkan, sisa dari upahnya sebesar Rp 300 ribu hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun begitu, dia tetap tegar.

“Cukup gak cukup, harus cukup kalau dibilang buat sehari-hari buat makan saja,” ucapnya terlihat sedih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: