Kadisdik Kabupaten Cirebon: Jika Masih Zona Biru Sekolah Belum Dilaksanakan, Terkecuali Zona Hijau

0

Kadisdik Kabupaten Cirebon H Asdulah SA di ruang kerjannya, Selasa (30/6/2020) pagi. 

Cirebon, Inderawaspada.com-  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon H Asdulah SA saat ini tengah menunggu Zona Hijau dalam pelevelan Covid-19 untuk melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) jelang tahun ajaran 2020/2021.

Sebab, sesuai arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, hanya sekolah di Zona Hijau yang boleh melaksanakan KBM.

“Jika masih Zona Biru dan Merah sekolah belum dilaksanakan, terkecuali sudah Zona Hijau. Kalau sudah Zona Hijau, Kabupaten Cirebon boleh untuk melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM),” ujar H Asdulah di ruang kerjannya pada Selasa, 30 Juni 2020 pagi.

Menurutnya, wilayah Kabupaten Cirebon saat ini termasuk Zona Biru dalam level Covid-19.

Dalam Permendikbud, kata dia, apabila kabupaten/kota sudah termasuk Zona Hijau, maka yang pertama kali dilaksanakan KBM yakni ditingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) terlebih dahulu.

“Dua bulan kemudian, baru siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) melaksanakan KBM, dan dua bulan kemudian lagi baru siswa Sekolah Dasar (SD),” ungkapnya.

Meski begitu, pihaknya telah membentuk tim berkaitan dengan model pembelajaran kurikulum dalam menghadapi tahun ajaran baru. Tim tersebut terdiri dari Pengawas, Kepala Sekolah (Kepsek), Guru, Kepala Bidang (Kabid), dan Kepala Seksi (Kasi) Disdik setempat.

“Model model pembelajaran seperti apa? Insyaallah besok akan di bahas dengan tim,” katanya.

Kendati demikian, H Asdulah menghimbau kepada para peserta didik untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk anak anak yang belajar di rumah apalagi sekarang masa libur tentunya harus menaati protokol kesehatan, jangan berkumpul atau bergerombol,” ucapnya.

“Silahkan belajar, baik secara mandiri maupun bertanya kepada gurunya. Untuk anak-anak yang memiliki HP Android, silahkan disitu cari informasi berkaitan dengan pendidikan termasuk cari informasi berkaitan dengan Covid-19. Ini untuk ilmu yang bermanfaat bagi anak-anak,” imbuhnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.