Jampersal Tiada, Dinkes Kabupaten Cirebon Sediakan Kuota PBI Untuk Persalinan Gratis

0

Cirebon, Inderawaspada- Pasca keluarnya Surat Edaran (SE) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon Nomor 410/2780/SDK perihal penghentian pelayanan program Jaminan Persalinan (Jampersal), Selasa (25/8/2020) kemarin.

Untuk itu, Dinkes setempat telah menyiapkan solusi pengganti Jampersal untuk ibu hamil (Bumil) yang tengah membutuhkan persalinan gratis.

“Kita mendata semua pasien yang akan lahir di tahun 2020 ini terutama bulan Oktober, November, Desember agar di verval secepatnya dan dimasukkan ke Penerima Bantuan Iuran (PBI) kepesertaan BPJS Kesehatan,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes setempat, dr Muhamad Sudiyono di kantornya, Selasa (8/9/2020) kemarin.

Sebab, menurut dr Sudiyono, pihaknya telah menyediakan kuota awal PBI sebanyak 330.610, dari jumlah itu masih terdapat sisa kuota sebanyak kurang lebih 140 ribu.

“Sedangkan sekarang baru sekitar 149 ribu, berarti masih ada sekitar 140 ribu yang kosong. Jadi walaupun Jampersal kita sudah tidak ada, tapi masih bisa. Ada langkah atau solusi untuk dimasukan ke PBI semua, masih ada kuota,” tegasnya.

Kendati demikian, dr Sudiyono menjelaskan beberapa langkah untuk mendaftarkan PBI kepesertaan BPJS Kesehatan.

Langkah awal itu, kata dia, masyarakat bisa mendaftarkan diri melalui Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) setempat, setelah itu langsung ke Dinas Sosial (Dinsos) untuk dilakukan verval data.

“Kemudian baru diserahkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk dimasukkan ke peserta PBI,” ucapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: