Diduga Penyerapan Dana Desa Babakan Gebang tak Tepat Sasaran

0

news.inderawaspada.com – Anggaran Dana Desa tahap 1, tahap 2 dan tahap 3 di Desa Babakan Gebang Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon diduga adanya penyimpangan penggunaan anggaran, salah satu contohnya penggunaan anggaran yang mengacu Analisa Satuan Harga (Ansat) dalam pembelanjaan material terkesan tidak transparan dari sisa perhitungan pembelian bahan material.

Saat ditemui (28/02) Kuwu Yeni sempat berkelit dan mengecohkan pertanyaan awak media. Dirinya memaparkan terkait penggunaan anggaran Dana Desa tahun anggaran 2018 ada sisa nilai dari pembelanjaan material.

“Untuk ini, untuk itu, seperti pembangunan tambahan TPT (tembok penahan tanah) dan pengaspalan,” ujarnya.

Saat ditanyakan terkait sisa penggunaan belanja material, Kuwu Yeni pun belum bisa menjawab secara rinci dari pertanyaan awak media. “Nanti mas, besok kesini lagi aja, biar ada TPK dan LPM nya, kan bisa nany langsung,” dalihnya.

Diduga uang sisa belanja material penggunaan dana desa tahap 1, tahap 2 dan tahap 3 tidak diumumkan melalui musyawarah kepada BPD, Masyarakat setempat sehingga rentan dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Untuk sebuah keterbukaan informasi publik dalam menyajikan pemberitaan yang informatif, awak mediapun akan mengkroscek kepada BPD, Masyarakat seperti Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat terkait sisa uang belanja material yang bersumber dari anggaran DanDes (dana desa) tersebut diumumkan secara terbuka atau tidak sebagaimana mestinya dalam Permendes nomor 19 tahun 2017/18. Hdy

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: