PKN Membongkar Dugaan Korupsi Bantuan Sapi di Tuban

0

news.inderawaspada.com, Tuban – Terkait pelaporan oleh Pemantau Keuangan Negara (PKN) wilayah Tuban terhadap kasus dugaan korupsi bantuan Sapi dari Dinas Pertanian Tuban pada tahun 2014 silam. Akhirnya berkas dan bukti yang dilakukan HK warga Sidorejo terduga korupsi dinyatakan lengkap atau P21.

Dalam surat resmi dari TKN, Satuan Tipikor Polres Tuban yang telah memproses dan menindak lanjuti Laporan pengaduan PKN menyatakan sudah P21 dan perkara berupa barang bukti dan tersangka sudah dilimpahkan dan diserahkan ke Kajari Tuban Untuk di proses Hukum selanjutnya.

”Tersangka dan barang bukti sudah dilimpahkan ke Kejari Tuban”, kata Bripka Akhmad Muhlisin penyidik Polres Tuban. ( 17/01/2019 ).

Perlu diketahui sesuai Laporan Pemantau Keuangan Negara –PKN Nomor : 131/LP/PKN/II/2016 Tentang Dugaan Tindak Pidana Korupsi yang di lakukan oleh HK warga Sidorejo Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban dengan Modus Menjual Sapi Bantuan Dinas Pertanian Kabupaten Tuban TA 2014 dari Pengadaan Bantuan sapi nilai Kontrak Rp Pagu Anggaran : Rp 2.041.624.000.00.

Bahwa pada Tahun 2014 silam, Pemerintah Tuban melalui Dinas Pertanian Kabupaten Tuban telah membuat dan melaksanakan Program Pengembangan Budidaya Ternak Sapi untuk Pengentasan Kemiskinan di Daerah Tuban dengan Maksud dan Tujuan meningkatkan Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat, Meningkatkan Kwalitas dan Kwantitas Sapi, Mengembangkan dan meningkatkan Kawasan pemeliharaan Sapi, Mensukseskan Usaha Usaha Pembibitan yang baik, Good Breeding Practice.

Dalam rangka program tersebut Dinas Pertanian membuat anggaran kegiatan Pengadaan Sapi pada APBD Tahun 2014 dengan nama paket kegiatan Pengembangan Budidaya Ternak Sapi untuk Pengentasan Kemiskinan dengan tujuan kegiatan menyediakan dan mendistribusikan Sapi ke pada kelompok peternak yang ada di 20 Desa dan 20 Kecamatan wilayah Kabupaten Tuban dan masing masing kelompok peternak mendapatkan 10 Sapi Betina dan 1 Sapi Jantan.

Setelah diadakan pelelangan maka di tunjuk perusahaan penyedia jasa dengan Pelaksana CV. Maharani Putri Pratama dan direktur Heny Prasulistya Ningsih dengan alamat Jl. Gadukan Timur No 100 Morokrembangan Surabaya. No SPK : 524/157/PPK/414.057/2014 Tanggal 18 September 2014, sedangkan Pagu Anggaran Rp 2.041.624.000.00 Spesipikasi Ternak : Jenis Ternak : Sapi PO Jantan :

Tinggi Gumba Minimal 116 Cm

Lingkar Dada : Minimal 135 Cm

Umur : 18 s/d 24 Bulan

Betina : Tinggi Gumba Minimal 111 Cm

Lingkar Dada : 135 Cm

Umur : 18 s/d 24 Bulan

Lokasi Penerima Bantuan 20 Kelompok Peternak di 20 Desa Kabupaten Tuban antara lain Kelompok Peternak Sapi di Desa Sidorejo Kecamatan Kenduruan Tuban.

Adapun Foto Copy Kontrak Kerja Terlampir Sebagai Barang Bukti P1, Bahwa Pada Tanggal 28 November 2014 Penyedia Jasa CV. Maharani Putri Pratama menyerahkan Sapi Bantuan .. ekor Sapi Betina dan … ekor Sapi Jantan kepada kelompok peternak Di Desa Sidorejo Kecamatan Kenduruan yang di terima oleh:

Marjani : Ketua Kelompok

Sumijan : Anggota

Bali : Anggota

Selamat : Anggota

Yayan : Anggota

Sobrang : Anggota

4 Orang anggota lainnya

Supardan selaku Sekretaris Desa (Sekdes) mengatakan setelah Bantuan Sapi di terima, anggota kelompok peternak merawat dan memelihara dengan baik sesuai dengan arahan petugas UPTD Dinas Pertaniaan Kecamatan Kenduruan dan Petunjuk Pelaksanaan Penerimaan Bantuan Sapi dari Dinas Pertaniaan Tuban.

Lanjutnya, pada tanggal 11 April 2015 HK Sidorejo menarik dan mengambil Sapi Bantuan dari Kelompok Peternak dan selanjutnya menjual habis ke Pasar penjualan Sapi seharga Rp 8.000.000.00 per ekor sapi. Dan dari hasil penjualan sapi tersebut di berikan Rp 2.000.000.00 kepada tiap tiap anggota kelompok peternak Sapi Desa sidorejo.

BPD Desa Sidorejo Damiasih menambahkan Penjualan bantuan Sapi yang di lakukan HK Tanpa melakukan Musyawarah terhadap Anggota Kelompok Peternak Sapi, dan tanpa di Ketahui UPTD Pertaniaan kecamatan Kenduruan, selain itu juga tanpa ada Sapi Pengganti, Tanpa diketahui alasan sebab penjualan Sapi bantuan. (21k)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: