PJ Bupati Cirebon Sosialisasi UU Tata Ruang

0

news.inderawaspada.com – Sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang rencana tata ruang merupakan hal yang paling terpenting untuk memberikan pemahaman.

Hal itu disampaikan, PJ Bupati Cirebon Dicky Saromi usai kegiatan sosialisasi tersebut di Gedung Hall B Hotel Apita Cirebon, Rabu siang (24/4/2019).

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menyelenggarakan sosialisasi tersebut.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri, PJ Bupati Cirebon beserta jajarannya, Kepala DPUPR beserta jajarannya, para Kuwu, dan Camat.

Sementara itu, PJ Bupati Cirebon, Dicky Saromi mengatakan, bahwa sosialisasi tersebut untuk memperkaya pemahaman agar pihaknya menerapkan rencana tata ruang tersebut. “Kita sudah punya rencana rata ruang wilayah Kabupaten Cirebon,” kata dia kepada sejumlah awak media.

Dicky menjelaskan, hal tersebut sesuai Perda Nomor 7 Tahun 2018.

Dikatakannya, bahwa dirinya sudah menyampaikan soal tata ruang dihadapan para tamu undangan. “Bahwa tata ruang itu, tetap saja harus didampingi dengan beberapa aturan-aturan lain di dalam pelaksanaannya di lapangan,” terangnya didampingi Kepala DPUPR, Avip Suherdian.

Menurutnya, bahwa tata ruang tersebut skalanya sudah ada yang menentukan.

Lanjutnya, dalam tata ruang 1:50.000. Artinya, kata dia, bahwa 1 sentinya di peta tata ruangkan. “Kita itu lima ratus meter setengah kilo, tapi tadi keliatan ngga? Enggak kelihatan, jadi kuningnya di tata ruang itu bukan berarti semua kuning di dalamnya ada hijaunya, ada merahnya, itu karena skala peta,” terangnya.

“Disini ada sawahnya, sawah ini enggak boleh diapa-apain karena sawah itu misalkan kelas 1,” sambungnya.

Dicky menambahkan, dengan melakukan sosialisasi tersebut agar setiap kebijakan yang telah disusun dan penganggaran telah dialokasikan berbasis data. “Jadi kalau mereka ingin membangun jalan, membangun jembatan, membangun pasar itu ada tata ruangnya,” tegasnya.

Menurut dia, tata ruang sebagai acuan sehingga ada dokumen yang telah disiapkan. “Dan kita sudah siap, kita sinergis,” ujar Dicky. Mu

Leave A Reply

Your email address will not be published.