Pemilih Kaum Buruh Merapat Jokowi, Pengangguran ke Prabowo

0

news.inderawaspada.com, Surabaya – Meskipun selama ini melakukan penetrasi secara intensif kepada para emak-emak di setiap kunjungan yang dilakukan ke seluruh Indonesia, nampaknya Sandiaga Uno belum bisa mendapatkan hasil maksimal untuk meraih suara para kaum ibu itu. Namun, Paslon dengan nomor urut 02 itu berhasil meraih ceruk suara yang lumayan tinggi di kalangan kaum pengangguran.

Data itu didapatkan dari hasil riset yang dirilis oleh Surabaya Survey Center (SSC) di salah satu hotel Surabaya, Rabu (9/1/2019). Di kalangan responden emak-emak, Prabowo-Sandiaga Uno meraih 40 persen suara sedangkan Jokowi-Maruf Amin mengantongi 50 persen suara dengan 10 persen undecided voters.

“Sementara, di kalangan pengangguran, Prabowo-Sandiaga Uno unggul dengan 55 persen dan Jokowi-Maruf Amin hanya mendapatkan 35.5 persen dengan 9.5 persen undecided voters,” jelas peneliti SSC, Elis Yusnyiawati.

Lebih lanjut, Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Untag Surabaya juga memaparkan jika Prabowo-Sandiaga Uno menang tipis di kalangan pelajar atau mahasiswa. “Keduanya mendapatkan 48.2 persen sedangkan Jokowi-Maruf Amin mengantongi 42.8 persen dengan 9 persen undecided voters,” katanya.

Foto: Elis Yusniyawati, Peneliti SSC dan Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Untag Surabaya

Sedangkan untuk kalangan buruh, Jokowi-Maruf Amin unggul dengan 60 persen sementara Prabowo-Sandiaga Uno mengantongi 28.5 persen dengan undecided voters sebesar 11.5 persen.

“Lalu, di kalangan petani dan peternak serta nelayan, Jokowi-Maruf Amin mendapatkan 46.7 persen sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno meraih 40.9 persen dengan 12.4 persen undecided voters,” jelas Elisyus sapaan akrabnya.

Bagaimana dengan kalangan pensiunan dan ASN? Menurut Elisyus, di dua latar belakang itu, Jokowi-Maruf Amin lebih unggul. Di kalangan pensiunan, Paslon nomor 01 mendapatkan 55.5 persen dan nomor 02 meraih 35.5 persen dengan 9 persen undecided voters.

Untuk ASN atau Pamong Desa, 52.5 persen mendukung Jokowi-Maruf Amin dan 37.5 persen memilih Prabowo-Sandiaga Uno dengan 10 persen undecided voters.

“Terakhir, kalangan wirausaha kecil, mereka sebanyak 48.3 persen memilih Jokowi-Maruf Amin dan 41.2 persen mendukung Prabowo-Sandiaga Uno dengan 10.5 persen undecided voters,” pungkas Elis. (21k)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: