Kunjungi Pasar Tradisional, Enggartiasto: Harga Kebutuhan Pokok Aman Terkendali

0

news.inderawaspada.com – Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Enggartiasto Lukita berkunjung di Pasar Pasalaran dan Batik Trusmi Kabupaten Cirebon. Selain itu, kunjungannya untuk memastikan harga komoditas pangan masih terkendali hingga saat ini, Kamis (4/4).

Hadir pula Pj Bupati Cirebon dan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cirebon menyambut kedatangan Menteri Perdagangan.

Sementara itu, Enggartiasto mengatakan, bahwa saat ini seluruh harga kebutuhan pokok masih terpantau aman. “Memang ada beberapa karena musim ada yang naik sedikit, tetapi secara keseluruhan terutama bahan pokok itu aman terkendali dan kita bisa lihat stoknya itu dengan jumlah yang tidak kurang,” katanya.

Bahkan, kata dia, harga beras cenderung turun bahwa beras medium berkualitas bagus. Hal itu diungkapkannya masih di bawah harga eceran tertinggi (HET) mencapai 8500 perkilogram. “Ada juga beras medium yang 9500 tapi bisa ditawar artinya dia bisa mencapai dibawah harga eceran tertinggi (HET)” terang Enggartiasto.

Enggartiasto pun menegaskan, agar masyarakat tidak perlu khawatir dalam memasuki pesta demokrasi yang sudah dekat di 2 minggu ke depan.

“Memasuki bulan Ramadhan pun tidak ada persoalan,” sambungnya.

Dikatakannya, harga tomat saat ini sekitar Rp 20.000 per kilogramnya, sebelumnya hanya Rp 8.000 per kilogram.

Ia pun menjelaskan, jika harga tersebut murah, maka petani akan marah. Seperti pada harga bawang merah di sini Rp 28.000, ada yang sampai Rp 40.000 per kilogramnya di tempat lain. Namun normalnya Rp 25 ribuan per kilo.

Menurut dia, harus ada keseimbangan harga antara petani, pedagang dengan konsumen. “Kalau turun jangan terlalu jauh harus ada keseimbangan antara petani, konsumen dan pedagang ada keseimbangan,” tukasnya. Mu

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: