Keistimewahan Pondok Pesantren Mahasiswa AL JIHAD Surabaya

0

news.inderawaspada.com – Pondok Pesantren Mahasiswa Al Jihad Surabaya yang bertempat di Jl Jemursari Utara III/9 Wonocolo kota Surabaya mempunyai fasilitas 2 gedung asrama putra (4 lantai), 3 gedung asrama putri (3 lantai), Gedung rumah tahfizh dan perpustakaan bagi para santri/santriwati.

Salah satu santri Pondok Pesantren Mahasiswa Al Jihad Surabaya mengatakan ada sekitar 600 lebih santri/santriwati dan 200 lebih anak yatim mengenyam Pendidikan agama di Pondok Pesantren asuhan KH. Much. Imam Chambali.

“Kebanyakan santri/santriwati di Pondok Pesantren Mahasiswa Al Jihad Surabaya mayoritas kuliah di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Ada juga yang di Universitas lain juga,” katanya pada media ini, Sabtu (4/5).

Dalam mengenyam ilmu agama, Santri mengungkapkan jika Pondok Pesantren Mahasiswa Al Jihad mempunyai kegiatan rutin bagi santri/santriwati bahkan untuk para jamaah dan masyarakat sekitar. Seperti pada kegiatan harian yang rutin dilakukan pertama Shalat maktubah berjamaah, kedua Qiyamul lail (Sholat Iftitah, Tahajjud, Hajat, dan Witir) bangun jam 03.00, ketiga amalan surat yasin dan al-Waqi’ah setelah Qiyamul lail (sampai subuh), keempat surat Al-Kautsar, Al-Qadar, Al-Falaq, dan Al-Ikhlas (setelah jamaah subuh, masing-masing 11 kali), kelima amalan surat Al-Fatihah dan Al-Insyiroh (setelah maghrib, masing-masing 11 kali untuk mendoakan kedua orang tua), dan keenam amalan ayat kursi (setelah jama’ah isya’, sebanyak 7 kali supaya diberikan ilmu yang bermanfaat dan selamat dunia akhirat).

Selain kegiatan rutin setiap hari, santri/santriwati Ponpes Mahasiswa Al Jihad Surabaya juga mendapatkan kegiatan rutin setiap minggu seperti, pertama amalan surat yasin (dibaca 3x) setiap hari senin jam 22.00, kedua Kultum setiap senin & kamis ba’da maghrib, ketiga pembacaan burdah dan dibaiyah setiap selasa ba’da maghrib, keempat malam Fatihah-an (shalat taubah, tasbih, hajat, tahajjud dan witir dilanjutkan membaca surat al-Fatihah 41 kali) setiap kamis malam jum’at pukul 00.00, dan kelima Khatmil Qur’an berjama’ah setiap jum’at ba’da maghrib.

“Ada juga kegiatan rutin mingguan seperti kajian setelah sholat subuh berjamaah. Seperti setiap senin ada kajian mutiara hikmah yang langsung dipimpin oleh Abah Jazil, selasa kajian Akhlaq Ayyuhal Walad, rabu kajian Tasawuf ‘Nashoihul Ibad’, kamis kajian kitab Ta’limul Muta’allim, dan sabtu yang langsung dipimpin oleh Pengasuh Ponpes adalah kajian Tafsir,” ungkapnya.

Adapun juga kegiatan rutin setiap satu bulan sekali dilaksanakan oleh Ponpes asuhan KH. Much. Imam Chambali yang sering siaran langsung di televisi swasta Surabaya itu. Selain untuk para santri/santriwati Ponpes, kegiatan bulanan juga diikuti ribuan jama’ah dari berbagai kota di Jawa Timur dan masyarakat sekitar.

“Pertama Istighotsah Rohmatal Lil ‘Alamin setiap sabtu malam di akhir bulan ba’da isya’ (diikuti sekitar 10.000 jamaah dan kedua Malam Asma’ Al-Husna setiap tanggal 15 bulan Hijriyah (bulan purnama)” ujarnya.

Dikatakan santri, Ponpes Mahasiswa Al Jihad Surabaya juga mempunyai program Pendidikan pada semester I sampai VI diantaranya, pendalaman Bahasa Arab & Bahasa Inggris, Pendalaman & Pembinaan Al Quran, Kajian Kitab Kuning (Aqidah, Fiqih dan Akhlaq) dan Kajian Kontemporer. Dan Program Tahfidz Al Quran 30 Juz (khusus santri yang melanjutkan Tahfidz).

“Kalau kegiatan ekstra dari Ponpes ada pembinaan pidato dan MC, pembinaan banjari & rebana, pembinaan vocal (paduan suara), pelatihan desain grafis & videografi dan senam aerobic,” tambahnya.

Santri juga mengungkapkan jika Pondok Pesantren Mahasiswa Al Jihad Surabaya mempunyai sekitar ratusan orang pengurus di Ponpes dan Yayasan. Ada sekitar 90 orang pengurus di Pondok Pesantren dan sekitar 25 orang pengurus di Yayasan. Dan ada belasan pengajar yang langsung memberikan Ilmu Pendidikan agama bagi santri/santriwati.

“Sebagai Dewan Asatidz diantaranya, KH. Much. Imam Chambali, Nyai Hj. Luluk Chumaidah, SH., S.Pd.I, KH. M. Syukron Djazilan Badri, M. Ag, Dr. KH. Saiful Jazil, M. Ag, Ustadz Yahya Aziz, M.Pd.I, Gus Sa’dullah Syarofi, M.M, Ustadz Moch. Ikhwan, S.S, M.Si., M.Pd.I, Ustadz H. Moh. Ali Hasan, S.Pd.I, Ustadz Hadiq As-Syairofi, S.H.I, Ustadz Agus Rosyidi Shoim, Ibu Hj. Nur Cita Qomariyah, m.Sos.I dan Ustadzah Mirna Liza,” tutupnya.

Perlu diketahui Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad Surabaya asuhan KH. Much. Imam Chambali juga mempunyai visi visi antara lain mendarma baktikan seluruh aktifitas sebagai hamba dalam kehidupan sehari-hari semata-mata atas nama ibadah (dedikasi total) kepada allah SWT dan mengimplementasikan fungsi khalifah Allah di muka bumi (diwujudkan dalan sikap proaktif inovatif dan kreatif), yang dibangun atas dasar keikhlasan dan akhlakul karimah.

Adapun juga mempunyai misi umum seperti mempersiapkan pribadi pribadi yang unggul dan berkualitas menuju terbentuknya Khairul ummah (the best people) dan misi khusus adalah mempersiapkan kader kader pemimpin ummat yang mutafaqqih fi al-din sebagai ilmuwan/akademisi ataupun praktisi yang kompeten untuk melaksanakan dakwah lil al-khair, amar ma’ruf nahi munkar dan indzar al-qaum.

Penulis: Erik

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: