Kebut Cetak e-KTP, Disdukcapil Kab Cirebon Tegaskan Anti Calo

0

news.inderawaspada.com – Sebanyak 28.437 KTP-el dari percetakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon, telah tersebar di 40 Kecamatan dan jumlahnya bervariasi.

Sebab itu, sebelum Pemilu 17 April 2019 ini, sesuai amanat Undang-Undang Dasar Nomor 7 Tahun 2017 bahwa masyarakat yang masuk DPT harus mempunyai KTP-el.

Untuk itu, Disdukcapil menghimbau masyarakat agar berhenti menggunakan jasa calo dalam mengurus KTP-el tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Mohammad Sarda Ernedin di sela-sela kesibukanya, Jumat siang (29/3/2019).

Sehingga, kata dia, pihaknya mencoba untuk menyelesaikan Print Ready Rekor (PRR) artinya masyarakat yang sudah melakukan perekaman, namun belum memiliki KTP-el atau masih dalam bentuk Surat Keterangan Sementara (Suket). “Ini yang kita kejar, jumlahnya memang cukup tinggi awalnya 105 ribu,” kata dia.

“Kabupaten Cirebon termasuk tinggi, sehingga kemarin dari pusat (Kementerian) menawarkan untuk dicetak di pusat dan sebagainya dicetak di daerah,” imbuhnya.

Menurutnya, pada tahap pertama pihaknya telah mencetak KTP-el sebanyak 17 ribu. Bahkan kata dia, beberapa waktu kemarin ditambah 28 ribu. “Berarti sudah 35 ribu dicetak, masih ada sisa kurang lebih dengan jumlah posisi terakhir kurang lebih 5 ribu dan mudah-mudahan dalam tempo 2 hingga 3 hari selesai,” jelasnya.

Ia menjelaskan, percepatan tersebut dari Disdukcapil Kabupaten Cirebon. “Waktu penyerahan awal di Pendopo itu 17 ribu dan sekarang 28 ribu KTP-el,” tandasnya.

Ernedin pun menambahkan, sehingga pihaknya menunggu percetakan KTP-el dari pusat.

“Sehingga kita masih ada PR, sisa dari yang dicetak lokal sekitar ada 5 ribu yang belum tercetak,” pungkasnya.

“Mudah-mudahan sesuai amanat Udang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, bahwa masyarakat sudah memilik KTP-el sebelum Pemilu pada 17 April nanti,” sambungnya.

Menurut dia, agar masyarakat jangan menggunakan jasa yang belum tentu kebenaranya.

READ  Operasi Gabungan, Satlantas Polrestabes Surabaya Dapat Pil Koplo dan Miras

Bahkan kata dia, saat ini banyak yang memanfaatkan situasi yang tidak menguntungkan jelang Pemilu 2019.

“Jadi lebih baik karena pembuatan KTP-el semuanya gratis tidak ada biaya, silahkan masyarakat datang saja ke Disdukcapil,” ujar Ernedin. Mu

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: