Jelang Pemilu, Fisib UTM Berikan Edukasi Melalui ILM

0

news.inderawaspada.com – Menjelang hari h pemungutan suara pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 17 April, Dosen dan Mahasiswa Fisib Universitas Trunojoyo Madura berkolaborasi membuat dan meluncurkan iklan layanan masyarakat untuk memberikan edukasi pemilu bagi masyarakat Madura. Sudah ada tiga seri iklan yang di luncurkan untuk tahap satu kali ini.

Dekan Fisib Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdus Salam menyampaikan bahwa upaya ini merupakan bentuk peran serta civitas academica Fisib UTM agar pemilu lebih baik di madura.

“Sebagai fakultas yang konsen dengan pemberdayaan dan keswadayaan politik masyarkat madura, maka masyarakat kampus merasa terpanggil agar problem pemilu jujur di madura bisa diurai,” ujarnya pada media ini, Minggu (14/4).

Menurut Surokim, hingga kini pemilu bersih dan jujur masih belum mengakar dan cenderung menjadi barang mainan. Kondisi ini tentu menyedihkan bagi masyarakat kampus yang punya tanggung jawab untuk mendorong politik bermartabat dan berdaulat di Madura.

Oleh sebab itu, Dekan fisib Universitas Trunojoyo Madura berharap melalui iklan layanan masyarakat akhirnya bisa mengedukasi pemilih madura agar lebih cerdas dan rasional dalam memberikan suaranya.

“Tak dimungkiri hingga kini Madura terus menerus menjadi sorotan dan catatan merah hingga melahirkan cibiran masyarakat karena praktik praktik pemilu tidak jujur,” terangnya.

Sementara itu, Selamet Hendra Riyadi selaku Ketua BEM FISIB Universitas Trunojoyo Madura mengatakan keterlibatan mahasiswa dalam edukasi politik adalah bagian dari bentuk keprihatinan sekaligus solusi sumbang peran untuk perbaikan pemilu di Madura.

“Kami ingin menumbuhkan optimisme anak muda Madura untuk pemilu yang lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, Dia juga berharap agar pemilu di madura tidak lagi menjadi sorotan dan harkat martabat masyarakat madura yang jujur dan relegius bisa tergambar dalam hasil pemilu.

“Iklan edukasi politik ini mengusung slogan #pemilu madura lebih baik, #mari memilih jangan dipilihkan, #mari mencoblos jangan dicobloskan,” tandasnya.

Diketahui, pada beberapa bagian iklan juga disertai dengan bahasa dan dialek madura yang khas. Seperti seri 1 ILM berisi ajakan untuk memilih dan tidak golput, seri 2 ajakan untuk pemilu bersih dan seri 3 pemilu bersih antimoney politik. Red

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: