DPKPP Kab Cirebon Garap 514 Rumah Tidak Layak Huni

0

news.inderawaspada.com – Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Kabupaten Cirebon melalui Kasi Perumahan Lukman Sugiarto membeberkan sebanyak 514 bantuan program Rutilahu 2019 di wilayah Kabupaten Cirebon segera tersalur.

Lukman menjelaskan, bahwa program bantuan tersebut dari Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Jawa Barat.

Dikatakannya, total anggaran bantuan tersebut sebesar kurang lebih 3,8 milyar dari sebanyak 514 unit rumah. “Satu penerima mendapat bantuan sebesar 17.500.000,” ujar Lukman di ruang kerjanya, Senin (22/4/2019).

Dia pun mengatakan, dari total 17.500.000 terdiri dari beberapa rincian 700 ribu untuk biaya tukang, 300 ribu untuk administrasi dan 16.500.000 untuk material.

Menurutnya, bahwa program bantuan tersebut tersebar di beberapa Kelurahan dan Desa di wilayah Kabupaten Cirebon.

“Sekarang di Kelurahan Sumber dan Talun,” jawabnya.

Selain itu, kata dia, ada 10 wilayah yang mendapatkan program bantuan Rutilahu di Kelurahan ada dua seperti Sumber dan Pasalakan.

“Untuk Desa ada. Seperti Cempaka, Kubang, Sampiran, Wanasaba Kidul, Wanasaba Lor, Kecomberan, Cirebon Girang dan Kemudian,” sambungnya.

Kata dia, pada April 2019 program bantuan Rutilahu sudah dimulai dan target selesai November. Dalam hal ini, pihaknya sudah melakukan perekrutan fasilitator terlebih dahulu lewat pembentukan tim pendamping, persiapan pembuatan proposal-proposal yang sekarang sedang ada dari fasilitator.

“Nanti ada tahapan sosialisasi juga penerima bantuan, dilanjut setelah itu dibuatkan rencana RAB, apa saja yang dibutuhkan si penerima bantuan. Nanti setelah itu, diajukan dan kalau sudah di acc,” papar Lukman.

Lukman pun menjelaskan, dalam tahap pencarian ada dua tahap. Pada saat nol persen dikirimkan bantuanya, nanti setelah pembangunan baru ada progres.

“40% kita kirim lagi untuk pengiriman kedua yang 100%, dilihat progres fisiknya jadi enggak sekaligus pengiriman uangnya,” imbuhnya.

Adapun harapannya dengan adanya program tersebut kedepan dapat berguna untuk memperbaiki rumah-rumah yang tidak layak huni. Mu

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: