Dishub Kab Cirebon Berkomitmen Kurangi Tingkat Laka Lantas

0

news.inderawaspada.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon gelar pemilihan pelajar pelopor keselamatan transportasi darat, acara tersebut bertempat di Lantai 3 Hotel Sutan Raja Tuparev, Selasa (23/4/2019).

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran pengendara dalam berlalulintas agar menjadi pelopor keselamatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Dinas Perhubungan beserta jajarannya, sekitar 40 pelajar tingkat Kabupaten Cirebon, Jasa Raharja, Organda, Kepolisian.

Dinas Perhubungan melalui Kabid Angkutan, Eko Nugroho mengatakan, bahwa yang pertama yang perlu diketahui tingkat kecelakaan lalulintas begitu tinggi. Kebanyakan dari generasi produktif khususnya anak-anak yang masih muda.

“Setiap jam jumlah kematian akibat kecelakaan mencapai 4 jiwa. Mayoritas kendaraan roda, dan diusia produktif dari 17-35 tahun dan yang paling banyak pelajar,” terangnya.

Dikatakannya, bahwa kegiatan tersebut bertajuk Respect On The Road atau lebih saling menghargai antar sesama pengguna jalan. Kata Dia, sepanjang 2018 lalu tingkat kecelakaan di jalan raya mencapai 80% namun jumlah tersebut persuatif.

Untuk itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon berkomitmen dan mempunyai kewajiban untuk mengurangi tingkat kecelakaan tersebut yang begitu tinggi.

“Saya khususnya pada generasi muda untuk kita mencoba kegiatan mengenai pelajar pelopor keselamatan lalu lintas,” katanya usai kegiatan tersebut.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk menyebar luaskan informasi mengenai ketentuan ketertiban berlalulintas. Hal tersebut, kata dia, bagaimana kekurangan generasi muda akibat kecelakaan di jalan raya.

“Yang kedua untuk menyebar luaskan informasi-informasi seperti itu, mengenai bagaimana penanggulangan kecelakaan lalulintas” jelas Eko.

“Bagaimana kita tertib berlalulintas, itu yang utama,” sambungnya.

Selain itu juga, Eko pun mengatakan, melalui kegiatan tersebut untuk membangun tingkat kesadaran mereka (pengendara).

Dengan demikian, Eko berharap tingkat kecelakaan pada usia produktif berkurang. “Kita harapkan juga mereka yang paham apa yang telah di sosialisasikan,” pungkasnya.

“Mereka juga menyebar luaskan ke teman-teman di sekitarnya maupun dilingkunganya,” imbuhnya.

Ia berpesan agar mereka tertib dalam berlalulintas supaya menjadi pelopor keselamatan di jalan raya.

Karena dampak dari kecelakaan dapat menyebabkan kemiskinan bagi keluarga korban. Bahkan, kata dia, bisa menghambat masa depannya. “Ini yang kita harapkan jangan sampai sekali anak yang masih muda bangsa ini mengalami kecelakaan lalu lintas,” tegasnya. Mu

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: