BPTD IX Jabar Rangkul Masyarakat Ciptakan Kebersihan di Terminal

0

news.inderawaspada.com – Ciptakan keindahan serta kebersihan lingkungan Terminal Tipe A Kertawangunan Kuningan, Balai Provinsi Transportasi Darat (BPTD) IX Jawa Barat selenggarakan kegiatan padat karya melibatkan sekitar 42 anggota Terminal, Ibu-Ibu Dharma Wanita, kurang lebih 80 masyarakat sekitar, Minggu (24/2/2019).

Selain itu, hadir pula Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjen Hubdat, Kasi Trans ASDP BPTD Wilayah IX Provinsi Jabar, dan Koordinator Terminal Tipe A Kertawangunan Kuningan.

Sementara itu, Koordinator Terminal Tipe A Kertawangunan, Komarudin menjelaskan, adapun kegiatan tersebut dilakukan pengecetan kansteen, membersihkan rumput-rumput liar, dan sampah yang berada di sekitar lokasi Terminal tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan agar lingkungan di sekitar Terminal rapi, bersih, indah dan nyaman,” katanya disela-sela kesibukannya.

Menurutnya, kegiatan tersebut melibatkan semua anggota Terminal yang berjumlah 42 Personil. “Ditambah Ibu-Ibu Dharma Wanita dan melibatkan warga masyarakat sekitar lingkungan Terminal yang berjumlah kurang lebih 80 orang,” tuturnya.

Oleh karena itu, Kasi Transportasi ASDP BPTD wilayah IX Jabar, Mulya menuturkan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang di gagas oleh BPTD IX Provinsi Jawa Barat. “Guna memanfaatkan tenaga masyarakat yang ada di sekitar terminal untuk bersama-sama merawat dan memelihara terminal,” kata dia.

“Sehari sebelumnya, pada Sabtu kemarin (23/2) hal yang sama juga dilakukan di Terminal Cirebon,” imbuhnya.

Dijelaskannya, untuk menciptakan lingkungan bersih, sehat dan nyaman, pihaknya berencana setiap Minggunya akan dilakukan kegiatan Padat Karya di Terminal-Terminal Tipe A dan Jembatan Timbang di bawah BPTD Jawa Barat.

“Yang melibatkan seluruh pegawai di lingkungan Terminal dan masyarakat sekitar terminal, seperti para pedagang, tukang ojek dan pengurus bus,” tandasnya.

Ia berharap dengan terlibatnya masyarakat secara langsung dalam rangka merawat dan memelihara Terminal dapat memupuk rasa peduli dan rasa memiliki masyarakat terhadap kondisi Terminal.

“Serta meningkatkan rasa persaudaraan dan soliditas antara masyarakat dengan para petugas terminal,” kata Mulya mengakhiri pembicaraannya.

Menanggapi hal itu, Kasi Sarpras BPTD wilayah IX Provinsi Jawa Barat, Budi Santoso, S, SIT, M.M.Tr mengatakan, bahwa hal tersebut merupakan kegiatan positif karena pihaknya merangkul masyarakat sekitar untuk bersama-sama memelihara dan merawat terminal.

“Jika lingkungan bersih, kerja jadi nyaman dan paling penting masyarakat ikut merasakan manfaatnya,” kata dia saat dihubungi news.inderawaspada.com melalui pesan singkat Watshapp, Minggu malam (24/2/2019).

Dirinya menjelaskan, selain itu Terminal merupakan awal pintu masuk bagi masyarakat yang hendak berpergian dengan menggunakan angkutan transportasi darat seperti bus. “Jadi keindahan dan kebersihan mencerminkan keindahan daerah yang dikunjungi,” terang Budi. Mu

Leave A Reply

Your email address will not be published.