Bersama TNI-Polri, Camat Tengahtani Cek Kelengkapan Logistik Pemilu 2019

0

news.inderawaspada.com – Evaluasi sarana dan prasarana Pemilu 2019 di Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon telah dilakukan untuk kelancaran pelaksanaan Pemilu pada Rabu, 17 April 2019.

Selain itu, dalam kelengkapan lengkap logistik Pemilu mendapat pengamanan ketat dari unsur TNI-Polri selama 24 jam.

Kendati demikian, untuk kelengkapan logistik Pemilu sudah lengkap diantaranya, formulir C-1 sampai dengan C-7, model C-1 Plano, model A-3, model A-4 dan model A.DPK.

Selain itu, ada juga tali pengikat, alat bantu tunanetra, daftar pasangan calon Presiden, daftar calon anggota dewan, tanda pengenal pengamanan TPS, tanda pengenal saksi, gembok dan lain sebagainya.

Hal tersebut dikemukakan oleh Camat Tengahtani, Drs H.Tata Sunirta, M.Si.
di sela-sela kesibukannya, Minggu sore (14/4/2019).

Sementara itu, Camat Tengahtani, Tata Sunirta mengatakan, hingga saat ini, (14/4) bahwa kelengkapan logistik Pemilu 2019 telah lengkap dan sedang dilakukan pengepakan.

Ia menjelaskan, selain kotak suara adapula bilik suara, 5 jenis surat suara, 2 botol tinta untuk setiap TPS dan untuk kelengkapan lainnya. “Kelengkapan tersebut meliputi DPT, model C-1 sampai dengan C-7, model A-3, model A-4 dan A.DPK,” katanya di Kantor Kecamatan Tengahtani, Minggu sore (14/4).

Menurutnya, sebanyak 605 kotak suara di Kantor Kecamatan Tengahtani.

Selanjutnya, kata dia, sebanyak 484 bilik suara telah disiapkan dan surat suara untuk Pilpres sebanyak 167.625 surat suara. “Untuk kelima jenis surat suara dan jumlah sudah termasuk surat suara cadangan yang 2%,” terangnya.

Ia menambahkan, jumlah DPT diwilayahnya sebanyak 32.812 terdiri dari laki-laki 16.582 dan perempuan 16.230.

Dikatakannya, hingga saat ini pengamanan Pemilu 2019 di wilayah Kecamatan Tengahtani terlihat aman, dan kondusif. “Karena petugas PAM, baik dari TNI Polri, dan PAM yang telah dibentuk oleh Pemerintah Daerah selalu standby 24 jam non stop dan melakukan monitoring di setiap Desa-desa,” pungkasnya.

Ia pun menjelaskan, sesuai dengan rencana bahwa pendistribusian logistik Pemilu akan dilepas dari PPK ke PPS/Desa pada Selasa pagi (16/4) . “Dan nanti pada saat pelepasan tersebut dikawal ketat oleh TNI-Polri,” ujar Tata.

“Insyaallah akan selesai sampai jam 4 sore,” imbuhnya.

Selanjutnya, kata dia, saat logistik Pemilu sudah tiba di PPS akan dijaga ketat oleh TNI-Polri. “Sampai pagi hari pada saat didistribusikan di setiap TPS,” katanya.

Tata mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilihnya melalui sosialisasi di setiap Desa, baik melalui pengumuman di setiap tempat. “Serta kami juga menyampaikan di setiap pengajian agar masyarakat hadir ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya,” tegasnya.

Menurutnya, target partisipasi pemilih diwilayahnya minimal 77,5%. “Upaya kita telah kami lakukan dengan cara sosialisasi kepada masyarakat agar selalu menggunakan hak pilihnya,” tandasnya.

“Serta melalui Pemerintah Desa juga mengajak masyarakat untuk mensukseskan Pemilu 2019 ini,” sambungnya.

Tata berharap bahwa penyelenggara Pemilu 2019 tidak ada kendala sehingga dalam pelaksanaannya terlaksana dengan lancar, damai, aman dan kondusif. “Sampai dengan hasil rapat pleno PPU Kabupaten Cirebon,” tandasnya. Mu

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: