6 Siswa SDN Kab Cirebon Ikuti Olimpiade Sains Nasional

0

news.inderawaspada.com – Sebanyak 6 Siswa SDN di Wilayah Kabupaten Cirebon, tengah berjuang mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tingkat Provinsi Jawa Barat 2019 yang akan dihelat pada Kamis (28/3) bertempat di Aula Lantai 4 Dewi Sartika Dinas Pendidikan Provinsi Jabar.

Mereka yang tengah berjuang menjadi peserta OSN pada Mata Pelajaran Matematika: Denarub Muhidin asal SDN 2 Cigobang Kecamatan Pasaleman, Datrein Ganesha asal SDIT Wadifatimah Kecamatan Kedawung, Fanny Amanditha asal SDN 2 Gegesik Kulon Kecamatan Gegesik.

Sedangkan di Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), mereka diantaranya: Fitra Pangestu asal SDN Gebang Ilir Kecamatan Gebang, Fachri Ramadhani asal SDN 1 Tegal Sari Kecamatan Plered, dan Ghina Ghassani asal SDN 1 Bodelor Kecamatan Plumbon.

Ke-6 Siswa tersebut patut diapresiasi, pasalnya pada (16/3) mereka telah mengikut seleksi OSN tingkat Kabupaten dari 40 Kecamatan yang diselenggarakan di SDN 1 Tegal Sari Kecamatan Plered. Sebelumnya, di Mata Pelajaran Matematika tercatat sebanyak 120 peserta atau siswa mengikuti seleksi tersebut namun yang lolos hanya 3 siswa. Sedangkan di Mata Pelaran IPA tercatat 120 siswa mengikuti seleksi tersebut namun 3 peserta atau siswa yang lolos.

Sementara itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon melalui Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar (SD), H Amin, S. Pd mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan seleksi ditingkat Kabupaten.

“Seleksi itu diikuti 120 siswa untuk mewakili satu Kecamatan 3 orang untuk satu Mata Pelajaran Matematika,” katanya diruang kerjannya, Rabu pagi (27/3/2019).

“Terus untuk Mata Pelajaran IPA, satu Kecamatan 3 orang jumlah 120 yang dilaksanakan pada Sabtu kemarin (16/3) di SDN 1Tegal Sari,” sambungnya.

Ia menjelaskan, dari seleksi OSN tingkat Kabupaten mendapatkan 3 besar di Mata Pelajaran Matematika dan 3 besar lainya dari Mata Pelajaran IPA. “Pada hari ini mereka diberangkatkan tadi pagi jam 6. Mereka mengikuti seleksi OSN di tingkat Provinsi Jawa Barat,” terangnya.

Dia berharap ke-6 peserta perwakilan Kabupaten Cirebon dapat berprestasi di OSN tingkat Provinsi Jabar. “Bisa juara, bisa mengalahkan Kabupaten-Kabupaten yang lain sehingga anak kami ini bisa mewakili di tingkat Provinsi untuk mengikuti lomba ditingkat Nasional,” ujarnya.

Tak hanya itu, H Amin berpesan agar ke-6 peserta OSN bisa menjaga kesehatan. “Persiapan yang matang, terus didampingi oleh keluarga berangkat ke Bandung,” pungkasnya.

“Untuk lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) di tahun 2019 ini, semoga Kabupaten Cirebon dapat berpestasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan,” imbuhnya.

Selain itu, kata dia, perlombaan OSN tersebut kedepanya dapat memotivasi pada siswa-siswa lainya. “Ini merupakan motivasi bagi seluruh SD di Kabupaten Cirebon untuk bersaing, belajar khususnya Mata Pelajaran Matematika dan IPA sejak dini untuk mempersiapkan OSN ditingkat Kabupaten,” pesannya.

Oleh karena itu, ia mengatakan, setiap SD mempunyai motivasi yang baik karena lomba OSN tersebut dilaksanakan setiap tahun.

“Sehingga khususnya yang Kabupaten Cirebon ini, mereka termotivasi baik dalam pembelajaran, pengayaan maupun hal-hal yang lain dilaksanakan untuk menyambut kegiatan tahunan ini,” tegasnya. Mu

Leave A Reply

Your email address will not be published.