Aktual, Berani, Terpercaya

BPD Sepakat Pangkas Honor Selama Pandemi Covid-19

Sekjen Asosiasi BPD Kabupaten Cirebon, Ibnu Katsir, S.PdI, M.PdI (kanan) saat bertemu dengan Bupati Cirebon, Imron Rosyadi (kiri) di Rumah Dinas Bupati, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Selasa 19 Mei 2020 malam kemarin.

Cirebon, Inderawaspada.com- Puluhan perwakilan dari Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Cirebon sepakat untuk memangkas honor bulanannya dari Anggaran Dana Desa (ADD) 2020 selama pandemi corona atau Covid-19.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap warga terdampak Covid-19.

- Advertisement -

Kesepakatan itu terbentuk setelah sejumlah perwakilan Ketua BPD bertemu langsung dengan Bupati Cirebon di Pendopo Rumah Dinas Bupati Jalan Kartini, Kota Cirebon, Selasa (19/5/2020) malam kemarin.

“Alhamdulillah, akhirnya diterima bertemu dengan Bupati jam 7 malam di Rumah Dinas Pendopo Bupati Cirebon. Untuk berdialog dengan Bupati, maka diminta perwakilan dari BPD sebanyak 5 orang,” kata Ketua BPD Rawaurip, Kecamatan Pangenan sekaligus Sekjen Asosiasi BPD Kabupaten Cirebon, Ibnu Katsir, S.PdI, M.PdI dalam keterangan resminya melalui pesan singkat Whatsapp.

Ibnu mengungkapkan, pertemuan tersebut berlangsung pada pukul 19.30 WIB hingga selesai pukul 22.00 WIB.

“Diskusi cukup lama dengan Bupati, akhirnya disepakati honor BPD dengan formula sebagai berikut
Ketua Rp 450 ribu, Wakil Ketua Rp 300 ribu, Sekertaris Rp 300 ribu, dan anggota Rp 225 ribu,” kata Ibnu.

Baca Juga :
1 of 49

“Deal semuanya menerima, dengan mufakat baik BPD maupun FKKC dan semua yang hadir dalam pertemuan tersebut,” imbuhnya.

Menurutnya, dalam dialog tersebut dihadiri oleh Kabag Pemdes, Kabag Kesra, Kabag Hukum, Kabid maupun Kasi diruang lingkup Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kepala DPMD, dan Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC).

Ditanya terkait jumlah besaran honor, ia menjelaskan berdasarkan Perbup Nomor 02 Tahun 2020, awalnya honor yang diterima dari Ketua BPD sebesar Rp 500 ribu setiap bulannya.

Sedangkan, untuk honor Wakil Ketua dan Sekertaris BPD sebesar Rp 350 ribu setiap bulannya. Selanjutnya, honor anggota BPD sebesar Rp 250 ribu setiap bulannya.

Namun begitu, karena dampak dari pandemi Covid-19 ini jumlah honor selama Januari hingga Desember 2020 pun terpangkas.

“Jadi dipangkas, tapi bervariasi dari ketua sampai anggota. Ketua BPD, Wakil Ketua dan Sekertaris dipangkas 50 ribu. Sedangkan anggota BPD dipangkas 25 ribu,” tuturnya.

Foto: puluhan Ketua BPD di Kabupaten Cirebon saat melakukan sesi foto bersama di Rumah Dinas Bupati Cirebon. 

Ditempat terpisah, Ketua BPD Sarabau, Kecamatan Plered, Hardija Hendrayanto, SPd, MM mengaku dapat bernafas lega dengan hasil keputusan tersebut.

“Intinya merasa bersyukur aspirasinya bisa diterima, dan di respon serta di realisasi oleh Bupati,” katanya sambil tersenyum.

Meski begitu, Hardija berharap rasa kebersamaan serta kekompakan tetap akan selalu terjaga dimanapun berada.

“BPD tetep solid, kompak, dan selalu bersama,” ungkap Hardija.

Sementara itu, Kabid Pemerintah Desa, DPMD Kabupaten Cirebon, Suyatno membenarkan kegiatan pertemuan dialog tersebut terselenggara di Rumah Dinas Bupati Cirebon, Jalan Kartini, Kota Cirebon.

“Hasil dari pertemuan tadi malam, semua sudah sepakat apa yang sudah kita sampaikan pada forum itu. DPMD akan menindak lanjuti sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” terang dia diruang kerjannya pada Rabu (20/5/2020) siang.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Maaf, !!