PT Semesta Marga Raya (SMR) Optimis Juara The First Road Rescue Competition 2021

0

Kabupaten Cirebon : Semangat dalam upaya meningkatkan kemampuan tim kesehatan dalam menjalankan pelayanan, Waskita Toll Road (WTR) melaksanakan “The First Road Rescue Competition 2021”.

Kali ini tim Waskita Toll Road menilai tim rescue PT Semesta Marga Raya (SMR) yang mengelola ruas tol Kanci – Pejagan pada Selasa (25/05/2021). Tampak dalam penilaian tim rescue Kanci-Pejagan bersikap sigap dalam menolong korban kecelakaan. Dengan kecepatan waktu dan ketepatan peralatan yang dipergunakan tim rescue mampu menolong secara tepat korban kecelakaan.

Dalam kegiatan lomba tim rescue seolah menolong kecelakaan dengan dua peristiwa. Mereka tampak bertindak sigap menolong korban tidak sadar karena kecelakaan. Pada pengujian kedua korban kecelakaan lebih parah dengan kondisi lebih buruk terjepit pipa besi.

Kepada sejumlah wartawan Pjs Kepala Cabang PT SMR, Uum Jumadi mengatakan kecelakaan di jalan bebas hambatan atau jalan tol kerap terjadi. Jalan tol yang sepi dan lancar rupanya menjadi rawan kecelakaan karena kendaraan akan bebas melaju kencang. Kegiatan yang diikuti saat ini menjadi peningkatan kemampuan bagi tim rescue dalam menolong korban kecelakaan. “Kegiatan dalam rangka peningkatan kemampuan tim rescue yang dapat saja terjadi setiap saat dengan kondisi apapun, tentunya kemampuan rescue harus dilatih, mengingat tidak ada kondisi darurat yang serupa antar yang satu dengan yang lainnya, jadi tidak bisa kami beralasan untuk berhenti berlatih, walau sudah berpengalaman selama bertahun-tahun, dapat dipastikan bahwa setiap momen penyelamatan membutuhkan strategi yang berbeda-beda,” ujar Uum penuh semangat.

Lebih lanjut Uum menambahkan kompetisi untuk memantapkan kesiapan petugas dalam penanganan gangguan perjalanan atau kecelakaan di jalan tol. Kegiatan lomba terlihat seperti kerap bersentuhan dengan kejadian kecelakaan dengan berbagai kondisi. “Oleh karenanya saya mengajak rekan-rekan sekalian untuk terus berlatih meningkatkan kemampuan,” tambah Uum.

Sementara Manager Quality Healty Safety Environment (WTR), Carolina Manurung mengatakan kegiatan mengukur tingkat profesionalitas 10 tim rescue seluruh ruas yang dimiliki WTR. Profesionalitas tentunya akan didukung kemampuan dan ketepatan dalam menolong korban kecelakaan.

READ  UMK Jabar 2021: 17 Daerah Naik, 10 Daerah Masih Sama

“ Tentunya tujuannya sendiri sebetulnya kita ingin meningkatkan komptensi mereka karena kita sadari segala macam gangguan itu pasti terjadi, dan berbeda-beda, nah mereka harus semakin berlatih, setiap tahun ini selalu ada peningkatan soal yang diberikan dewan juri, jadi kan semakin tahun semakin sulit, jadi semakin cepat juga mereka menanganinya,” Carolina.

Lebih lanjut Carolina menambahkan pada “The First Road Rescue Competition 2021”, tim WTR melibatkan juri Internasional Rescue. Juri internasional diantaranya dr Gustav dari Jerman, Franco dari Australia dan Belanda. “Jadi taraf penanganan (jalan tol-red) kami sudah dinilai secara internasional dan pemenang akan diikutkan Malaysia Rescue Extrication Challenge 2021,” ucap Carolina. (jhony).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: