Kejari Kota Cirebon Kerja Bareng DKIS Simulasikan Aplikasi Sipakum

0

Kota Cirebon :  Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cirebon bersama Pemerintah Daerah Kota Cirebon gelar simulasi Aplikasi Sipakum (Sistem Informasi Pendampingan Hukum) terkait pendampingan hukum urusan Keperdataan dan Tata Usaha Negara pada Organisasi Perangkat Daerah. Kegiatan yang dihadiri Sekertaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi dan para Kepala Dinas dilingkungan Pemda Kota Cirebon bertempat di Aula Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Cirebon Ewang Jasa Rahadian menuturkan, pihaknya saat ini sedang membuat Aplikasi Sipakum (Sistem Informasi Pendampingan Hukum) berbasis digital terkait urusan Keperdataan dan Tata Usaha Negara.

“Hal ini untuk mempermudah pelayanan pendampingan hukum pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemda Kota Cirebon,” tutur Ewang pada kamis (20/05/2021).

Ewang menjelaskan, Aplikasi Sipakum diperuntukan bagi Organisasi Perangkat Daerah yang memohon pendampingan kegiatan ke Kejaksaan dapat dipermudah tak terbatas ruang dan waktu. “Sebelumnya OPD harus mempersiapkan administrasi apa saja yang nantinya akan dipenuhi sebagai persyaratan untuk diverifikasi layak atau tidaknya,” ucap Ewang.

Ia menambahkan, Aplikasi Sipakum rencananya akan di launching dua minggu ke depan setelah semuanya sudah benar – benar bisa dipergunakan.

Pada kesempatan yang sama, Sekertaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi mengungkapkan, kegiatan ini bagian tindak lanjut kesepakatan Wali Kota dan Kejari Kota Cirebon untuk bekerjasama dalam bidang pendampingan hukum Keperdataan  dan Tata Usaha Negara serta kegiatan pendampingan lainnya. Dengan Aplikasi Sipakum, lanjut dia, diharapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  bagaimana melakukan digitalisasi terhadap proses manual. “Sistem kita harapkan manualnya lebih dikurangi mengedepankan digitalisasi. Ini untuk memudahkan permohonan pendampingan bagi OPD,” ujar Agus. (jhony)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: