BBWS Cimanuk – Cisanggarung Gulirkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi di 400 Desa

0

Kabupaten Cirebon : Program P3-TGAI dilaksanakan serentak di 7 Kabupaten, mulai dari Garut, Sumedang, Majalengka, Cirebon, Kuningan, Indramayu dan Brebes.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimancis), Ismail Widadi usai melaunching Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di Desa Kertawangun Sedong Kabupaten Cirebon. Kamis (29/4/2021).

Ismail mengklaim kegiatan pembangunan infrastruktur irigasi tersier dalam program P3-TGAI tersebut dilakukan oleh kelompok tani disetiap Desa dan pembangunannya sendiri melibatkan para petani dan masyarakat setempat. ” Setiap proyek P3-TGAI ini dikerjakan 30 orang, jadi pada hari ini ada 12.000 petani yang secara serentak bekerja membangun irigasi di  400 Desa yang tersebar di 7 Kabupaten yang ada di wilayah kerja BBWS Cimancis,” ujar Ismail.

Kepala BBWS ini mengaku untuk anggaran pembangunan irigasi tersier P3-TGAI sebesar 195 juta pada setiap proyek tersebut masuk ke rekening kelompok petani, namun begitu BBWS Cimancis tetap melakukan pendampingan. “Perlu diketahui bahwa anggaran untuk 400 titik proyek P3-TGAI ini tidak mampir ke rekening BBWS, namun langsung ke rekening kelompok P3-TGAI dan yang mengerjakan proyek irigasi tersebut adalah petani dan masyarakat lokal setempat,“ ucapnya

Ismail berharap pembangunan irigasi tersier tersebut bermanfaat untuk pengairan pertanian dan bagi petani program P3-TGAI ini menjadi penghasilan tambahan dengan bekerja sebagai pekerja dalam proyek pembangunan irigasi. “Semoga adanya P3-TGAI ini bermanfaat langsung untuk petani, sehingga para petani ini bisa tersenyum dalam menghadapi hari raya idulfitri nanti,” tutur Ismail Widadi. (junior)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: