Kerabat Kasepuhan Cirebon Apresiasi Alun-alun Kejaksan Cirebon

0

Bandung, Inderawaspada.com- Kerabat kasepuhan Cirebon menyambut baik revitalisasi Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon yang baru diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rabu (21/4/2021).

Menurut kerabat kasepuhan dan tokoh masyarakat Cirebon Indra Gunadi, pembangunan kembali alun-alun tidak semata-mata menambah lahanskap kota tapi fungsi penunjang memakmurkan masjid seperti di dalam pesan Sunan Gunung Djati: _ “Ingsun titip tajug lan fakir miskin.” _

“Tajug itu artinya masjid. Jadi ya sangat tepat dengan merevitalisasi alun-alun seperti sekarang itu sama saja dengan ikut memakmurkan masjid, karena letaknya yang berdekatan. Interaksi sosial di alun-alun pasti sedikit banyak berhubungan dengan masjid” kata Indra, Kamis (22/4/2021).

Selain fungsi sosial, alun-alun juga bisa menjadi sarana edukasi kesejarahan. “Apalagi dengan adanya fasilitas microlibrary dan display-display lainnya. Itu bisa menjadi sarana pengenalan dan pelestarian sejarah Kota Cirebon sendiri,” ujarnya.

Indra juga menilai secara keseluruhan landskap dan ornamen alun-alun Kota Cirebon itu sangat mewakili dan identik dengan budaya Cirebon. Ia mengajak masyarakat menjaga kebersihan dan keindahan alun-alun yang sudah ditata sebagus itu.

“Bukankah dalam agama juga menjaga kebersihan itu adalah sebagian dari iman? Dan bukti ketakwaan itu adalah dengan mensyukuri atas segala ciptaan-Nya melalui hasil karya makhluk-Nya,” pungkas Indra.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, Rabu (21/4/2021). Alun- alun dirancang oleh arsitek Indonesia – Jerman pasangan suami istri Daliana dan Florian.

Duo artistek ini merancang dengan inspirasi gapura atau Candi Bentar yang mereka terjemahkan ke dalam bentuk plaza kontemporer. , Lokasinya sangat unik, dekat Masjid At-Taqwa, ditambah monumen bersejarah, dan ada juga PKL dan akses halte bus. Di sana terdapat undakan untuk duduk-duduk. Selain ada plaza memorial, alun-alun juga dilengkapi dengan perpusatkaan kecil (microlibrary) untuk kebutuhan membaca masyarakat.

 

READ  DPMD Kabupaten Cirebon Menindaklanjuti Surat Edaran Mendes PDTT Terkait Dana Desa Bisa Dipakai Cegah Covid-19

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: