Penerima BPNT di Kabupaten Cirebon Turun Drastis 

0
Cirebon, inderawaspada.com- Jumlah penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Cirebon menurun secara drastis. Dari sebelumnya pada periode bulan Januari-Februari sebanyak 162.589 keluarga penerima manfaat (KPM), namun di bulan Maret 2021 ini menjadi 45.671 KPM. 

 

 

 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin (PFM), Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Gunarsa diruang kerjannya pada Senin (29/3/2021) siang.

 

 

 

 

Dia mengaku terkejut ketika mendapatkan informasi tentang adanya penurunan jumlah penerima program bantuan tersebut sebanyak 45.671.

 

 

 

“Saya kaget karena dari semula ada 162.589 KPM, sekarang menjadi 45.671 KPM,” kata Gunarsa.

 

 

Menurutnya, kondisi tersebut terjadi tidak hanya di wilayah Kabupaten Cirebon melainkan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

 

 

“Hal ini setelah kami dapat lampiran surat dari Kementerian Sosial (Kemensos) perihal data penerima BPNT, tidak hanya di Kabupaten Cirebon saja, bahkan tingkat nasional,” ujar Gunarsa.

 

Gunarsa mengatakan bahwa ia tidak mengetahui secara detail apa penyebab dari penurunan secara drastis jumlah penerima program BPNT tersebut.

 

“Kami sepenuhnya (keputusan) di Kemensos, apa yang menjadi 45.671 KPM terhadap data yang disahkan oleh Kemensos dari kita ini,” jelas dia.

 

 

“Mudah-mudahan KPM bersabar, kami tidak akan tinggal diam. Kami berupaya, bahkan berkomunikasi langsung via Internet atau manual. Artinya, kami akan usahakan ke Jakarta (Kemensos) untuk tatap langsung, mengapa bisa terjadi begini,” tambah Gunarsa.

 

 

Meskipun begitu, pihaknya tetap berupaya mengusulkan kembali tambahan kuota penerima BPNT kepada Kemensos.

 

 

“Maksimal kita upayakan dengan metode verifikasi atau updating (data) perbulan sekali, tetap saja usah kami sepenuhnya yang menjadi penentu adalah Kemensos,” ucap Gunarsa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: