Sambut HUT Kab Cirebon Ke-539, Sejumlah Warga Desa Kalitengah Gelar Lomba Catur

0

Cirebon, inderawaspada.com- Sebanyak 32 pecatur asal Kabupaten Cirebon antusias mengikuti perlombaan catur di Blok Sipuyu RT 06 RW 03, Desa Kalitengah, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (28/3/2021) siang. 

 

 

Ketua Panitia Lomba Catur, Supriyadi menjelaskan kegiatan tersebut untuk menyambut hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Cirebon ke-539. Ia menyebutkan, total hadiah yang diperebutkan dalam turnamen catur ini sebanyak Rp 1 juta.

 

“Maka kami berinisiatif untuk mengadakan turnamen, atau olahraga tradisional catur,” ujar Supriyadi yang merupakan salah satu warga Desa Kalitengah.

 

 

Ia mengatakan peserta atau warga perlombaan catur ini berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Cirebon. Yakni, terang dia, Kecamatan Dukupuntang, Depok, Tengahtani, dan lain sebagainya.

 

 

“Lomba catur ini baru pertama kali diselenggarakan. Tahun depan, insyaallah kalau saya diparingi (dikasih) sehat akan mengadakan turnamen catur lagi,” tuturnya.

 

 

Ia mengungkapkan alasannya bahwa kegiatan turnamen catur diselenggarakan di wilayah Blok Sipuyu RT 06 RW 03, Desa Kalitengah, Kecamatan Tengahtani.

 

 

“Karena disini banyak sekali pecatur,” jawab Supriyadi kepada awak media inderawaspada.com.

 

 

Selain itu, kata dia, turnamen catur ini diharapkan dapat menyalurkan talenta yang dimiliki oleh para peserta dalam bermain catur.

 

 

“Jadi untuk mencari bibit catur harus dari tingkat paling bawah dulu,” ungkap Supriyadi.

 

 

Salah satu peserta lomba catur, Heri mengaku antusias ketika mengikuti perlombaan catur tersebut.

 

 

“Alhamdulillah, saya hari ini menang di babak penyisihan turnamen catur ini,” katanya sambil meluapkan kegembiraannya.

 

 

Kendati demikian, dia berharap di tahun 2022 mendatang perlombaan catur dapat digelar kembali.

READ  Kenalkan kopi khas Jatim, Kadin - CodyMax gelar Coffe Festival 2019 dan Bazaar Streetfood

 

 

“Saya berharap tahun depan ada turnamen catur lebih besar atau terbuka (open),” ucapnya.

 

 

Sejumlah panitia lomba catur ketika menyaksikan jalannya pertandingan perlombaan catur di Blok Sipuyu RT 06 RW 03, Desa Kalitengah, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon, Minggu (28/3/2021) siang. [Foto: Ubid/inderawaspada.com]
Sejumlah panitia lomba catur ketika menyaksikan jalannya pertandingan perlombaan catur di Blok Sipuyu RT 06 RW 03, Desa Kalitengah, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon, Minggu (28/3/2021) siang. [Foto: Ubid/inderawaspada.com]

 

Sementara itu, salah satu warga sekitar, Fredi merespon baik dengan adanya perlombaan catur tersebut.

 

 

“Semoga dengan adanya lomba catur ini, bisa menjalin tali silaturahmi antar warga sekitar,” jelasnya sambil tersenyum.

 

 

Fredi menilai adanya kegiatan lomba catur tersebut tentunya para peserta bisa menyalurkan talenta yang dimiliki serta menjaring bibit-bibit pecatur baru yang potensial, dan diharapkan bisa bersaing di tingkat nasional.

 

 

“Menjadikan olah raga catur ini menjadi olahraga yang diminati oleh warga, seperti olahraga yang lainnya. Selain itu, melalui lomba catur ini dapat menjaring bakat (peserta) menjadi pecatur profesional, agar bisa menjadi atlet nasional,” tutur dia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: