PMI Kabupaten Cirebon Rencana Bentuk Kampung Donor 

0
Cirebon, inderawaspada.com- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon berencana membentuk kampung donor di 40 kecamatan. Dimana rencana pembentukan kampung donor tersebut dapat berdiri dalam kurun waktu tiga tahun kedepan. 

 

 

 

“Setiap kecamatan ini ada kampung donor, minimal satu desa dari setiap kecamatannya,” ujar Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Hj Rd Sri Heviyana melalui Kepala Markas PMI setempat, Aris Sugema di kantor PMI Kabupaten Cirebon, Senin (15/3/2021) siang.

 

 

 

 

 

Aris menuturkan di tahun 2021 ini, ada dua kecamatan yang menjadi percontohan kampung donor. Ia menjelaskan kedua kecamatan itu adalah Pasaleman dan Palimanan.

 

 

 

“Kampung donor ini kebetulan dari salah satu program beliau Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Hj Rd Sri Heviyana, dan saya selaku ketua Markas PMI menindaklanjuti kebijakan tersebut,” katanya.

 

 

 

Secara mekanisme, lanjut Aris, persiapan berdirinya kampung donor tersebut telah tersusun. Dimana pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon khususnya Bupati Cirebon.

 

 

 

 

“Karena kampung donor ini rencananya akan melibatkan dari berbagai pihak,” tukasnya.

 

 

 

Dia menjelaskan tujuan utama dari rencana pembentukan kampung donor ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap donor darah. Dimana saat ini, Aris menyebutkan kebutuhan darah di Kabupaten Cirebon mencapai 4 ribu kantong darah setiap bulannya.

 

 

 

“PMI Kabupaten Cirebon sendiri masih sangat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sehingga muncul program kampung donor,” tutur Aris.

 

 

 

“Kampung donor sendiri akan berbasis warga. Sehingga minimal diwilayah kecamatan tersebut ada yang butuh darah, kampung donor ini bisa memback-up. Karena punya data-data pendonor, dan ada orang-orang terbiasa donor,” imbuhnya.

 

READ  Tabrak Lari di Jalan Kalijaga Cirebon, Seorang Bayi Dikabarkan Meninggal

 

 

Aris berharap keberadaan kampung donor tersebut dapat memudahkan masyarakat menyumbangkan darah untuk menolong mereka (pasien) yang membutuhkan darah.

 

 

 

“Mudah-mudahan dengan adanya kampung donor kedepan mereka (masyarakat) lebih cepat, lebih tepat dalam mendapatkan darah tersebut untuk penyembuhan pasiennya,” ucapnya.

 

 

 

 

Mendengar hal itu, Sekertaris Kecamatan (Sekmat) Plered, H Suhedi mengatakan pihaknya tertarik dengan PMI Kabupaten Cirebon yang berencana membentuk kampung donor.

 

 

 

“Wacananya insyaallah tahun depan di Kecamatan Plered akan berdiri kampung donor. Kami pun akan berkoordinasi dengan Forkompimcam Plered, dan para kuwu,” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: