PLN ULP Sumber Imbau Pelanggan Bayar Tagihan Listrik Tepat Waktu, Ini Sanksinya Jika Telat Bayar

0

Cirebon, inderawaspada.com- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengimbau pelanggan agar membayar tagihan listrik tepat waktu sebelum tanggal 20 setiap bulannya. 

 

“Kami dari PLN ULP Sumber untuk sosialisasi kepada masyarakat sebenarnya sudah cukup masif juga, dilakukan via media elektronik, via media cetak, via instragam PLN Cirebon. Kita sudah sering posting bahwa batas pembayaran tagihan listrik itu tanggal 20,” ujar Manager PLN ULP Sumber, Dede Ramadan di kantornya, Rabu (3/3/2021) pagi.

 

 

Dia menegaskan apabila pelanggan melewati dari batas waktu pembayaran yang telah ditetapkan, maka pelanggan bisa dikenakan dua sanksi sekaligus. Ia menjelaskan kedua sanksi itu adalah administrasi dan pemutusan sementara aliran listrik.

 

 

 

“Lewat tanggal 20 ada sanksinya, pertama sanksi administrasi berupa biyaya keterlambatan, dan kedua adalah pemutusan sementara aliran listrik sampai dengan pelanggan bayar, nanti kami nyalakan kembali listriknya,” tegas Dede.

 

 

Kendati begitu, pihaknya terlebih dahulu mengirimkan surat yang berisi jumlah tagihan listrik yang harus dibayar kepada setiap pelanggan sebelum tanggal 20.

 

 

 

“Sebelum tanggal 20 petugas kami yang sering ketempat pelanggan memberikan invoice, artinya memberikan ini loh tagihan bulan ini,” terangnya.

 

“Atau pelanggan bisa mengecek sendiri tagihan bulan ini dengan menggunakan aplikasi New PLN Mobile,” imbuh Dede.

 

 

 

Menurutnya, saat ini volume tunggakan pelanggan di PLN ULP Sumber tergolong tidak terlalu besar jumlahnya.

 

 

 

“Karena pertama, yang daya 450 VA sudah gratis sehingga dimasa pandemi Covid-19 ini sisa pelanggan (nunggak) yang memang tidak mendapatkan stimulus saja,” ucap dia.

READ  Satgas Pamtas Yonif 315/Garuda Siap Diberangkatkan Ke Daerah Perbatasan RI-PNG

 

 

Meski begitu, dirinya berharap kedepannya agar pelanggan dapat membayar tagihan listrik tepat pada waktunya sebelum lewat tanggal 20. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari pemutusan aliran listrik sementara.

 

 

“Kalau sudah tidak ada listrik, semua akan terasa sulit. Harapan kami kedepan, setiap tanggal 20 itu, 100 persen pelanggan sudah melunasi tagihan rekening listrik,” jelasnya.

 

 

Perlu diketahui, bahwa PLN ULP Sumber meliputi 19 wilayah kecamatan di Kabupaten Cirebon. Berikut diantaranya adalah Kecamatan Sumber, Weru, Plered, Tengahtani, Kedawung, Plumbon, Depok, Palimanan, Gempol, Ciwaringin, Jamblang, Susukan, Panguragan, Arjawinangun, Gegesik, Dukupuntang, Kaliwedi, Klangenan, dan Talun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: