Cegah DBD, Dinkes Kabupaten Cirebon Sarankan Warga Pelihara Ikan Cupang 

0

Cirebon, inderawaspada.com- Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon menyarankan warga untuk memelihara ikan cupang di tempat penampungan air. Hal tersebut dinilai cukup efektif untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD). 

 

 

 

“Juga pemeliharaan ikan cupang, karena ikan cupang sangat efektif untuk memberantas jentik-jentik nyamuk yang ada di tempat penampungan air,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana di kantornya, Selasa (2/3/2021) pagi.

 

 

 

Selain itu, ia mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar secara mandiri atau melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

 

 

“Tetap untuk menjalankan PSN dengan 3 M plus, menutup, mengubur, dan menguras,” terangnya.

 

 

 

Sementara itu, Dinkes Kabupaten Cirebon mencatat hingga minggu ke-8 atau bulan Februari 2021 ini ada 65 kasus DBD. Dari angka tersebut, tercatat 2 kasus kematian yang terjadi akibat DBD. 

 

 

 

Namun, Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama, jumlah total kasus DBD hingga Februari 2020 mencapai 225. Dari angka itu, sebanyak 4 kasus kematian yang terjadi akibat DBD.

 

 

“Berarti tahun 2021 ini ada penurunan yang signifikan sebanyak 50 persen,” tutur Nanang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: