Ini Upaya Disdukcapil Kabupaten Cirebon Berikan Layanan Terbaik Untuk Masyarakat

0

Cirebon, inderawaspada.com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon tengah berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dalam hal kepengurusan dokumen kependudukan seperti salah satunya adalah perekaman dan percetakan KTP-el. 

 

 

 

 

 

“Komitmen kami beserta teman-teman disini berusaha untuk bisa lebih baik dari yang kemarin. Bukan berarti yang kemarin itu jelek, tapi kami ingin lebih baik dari yang kemarin,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Disdukcapil Kabupaten Cirebon, H Sarko diruang kerjannya pada Selasa, 23 Februari 2021 siang.

 

 

 

 

 

 

Menurutnya, kritik dan saran dari masyarakat terkait keluhan pelayanan dalam kepengurusan dokumen kependudukan merupakan hal yang wajar.

 

 

 

“Pasti dalam perjalanan ada hal-hal yang istilahnya pro dan kontra, ada yang mengatakan baik, ada yang mengatakan kurang baik, itu wajar. Karena penafsiran orang itu berbeda beda,” ujar dia.

 

 

 

 

Ia menjelaskan bahwa dalam hal ini pihaknya tengah berupaya lebih baik yaitu dengan cara memperbaiki sarpras seperti alat perekaman KTP-el yang telah rusak di beberapa kecamatan. Dimana pelayanan dokumen kependudukan di beberapa kecamatan sempat terhenti, sebelum dilakukan proses perbaikan alat perekaman tersebut.

 

 

 

 

“Alhamdulillah sudah ada kemajuan diantaranya Kecamatan Depok yang kemarin tidak bisa melakukan perekaman sekarang sudah bisa, terus Kecamatan Dukupuntang sekarang sudah diperbaiki hanya tinggal pemasangan jaringan saja,” terang H Sarko.

 

 

 

 

“Mungkin kedepan juga Kecamatan Beber (diperbaiki), sampai saat ini belum bisa melalukan perekaman, ini sebelum kita melakukan pengadaan alat rekam yang baru,” imbuhnya.

 

 

 

 

Dia mengemukakan bahwa pada tahun 2021 ini telah dianggarkan beberapa alat cetak maupun perekaman KTP-el. Hal ini dilakukan untuk dapat melayani masyarakat lebih mudah, cepat, dan lebih baik.

READ  Lebih kurang 75 masker, dibagikan Sat Lantas Polres Ciko di Pasar Grosir Cirebon (PGC)

 

 

 

 

“OlehKarena itu, kita bersama teman-teman berusaha untuk selalu bisa melakukan pelayanan yang terbaik, selalu diarahkan, pembinaan. Bahwa lakukan pelayanan kepada masyarakat itu dengan sebaik-baiknya, jangan sampai ada hal yang tidak diinginkan oleh kita,” tuturnya.

 

 

 

 

Untuk itu, pihaknya pun tengah berupaya agar DPRD Kabupaten Cirebon mendukung penganggaran pengadaan sarplas.

 

 

 

 

“Karena diantaranya untuk bisa melayani masyarakat dengan baik, lancar itu ada empat unsur yang harus dipenuhi, pertama sarpras, SDM, jaringan, blangko KTP-el. Unsur-unsur ini memang wajib harus terpenuhi, jadi kalau ada salah satu yang tidak terpenuhi akan menjadi masalah atau ganjalan. Sedangkan disini kita ada peralatan 6 unit alat cetak , itupun sudah sudah cukup lama pengadaannya” jelasnya.

 

 

 

 

 

Meski begitu, kantor Disdukcapil Kabupaten setiap harinya mampu mencetak E-KTP-el sebanyak 1000 hingga 1500 keping KTP-el.

 

 

 

 

“Tapi walaupun dengan alat yang sederhana, kita juga masih mampu melakukan percetakan KTP-el setiap harinya itu rata-rata kita lebih dari 1000 antara 1200 sampai 1500 keping blangko KTP-el, itu rata-rata,” ungkap H Sarko.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: