BBWS Cimancis Siapkan Tim Sigap Antisipasi Bencana

0

Kota Cirebon,- Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung (CIMANCIS) telah membentuk tim yang bertugas melakukan survei dilapangan untuk melihat wilayah sungai. Hasil Survei tersebut akan akan dijadikan dasar untuk membuat skala prioritas pemeliharaan tangul-tanggul yang ada dibawah kewenangannya. Hal tersebut diungkapkan Kepala Balai BBWS Cimanuk Cisanggarung Ismail Widadi pada saat Open Mic dihalaman Kantor BBWS CC di jalan Pemuda Kota Cirebon, pada Kamis (18/02/2021). “ Nah ini kami memiliki kegiatan operasi dan pemeliharaan pada daerah kritis dan titik-titik tanggul yang rusak pada tahun 2021 ini kita akan perbaiki titik-titik tersebut dengan maksimal dan tidak rusak , “ Ujar Ismail.

Selakn itu juga untuk tanggul-tanggul yang mengalami kerusakan, tim kami cepat bergerak ke sana dan mendatangkan peralatan. ” Kita akan siapkan semua mulai dari material yang diperlukan sesuai dengan infrastrukturnya, jika kerusakan pada tanggul alami maka material kayu (Dolken), karung karung pasir maupun juga bronjong bronjong, “ Tutur Ismail.

Selain melakukan pemeliharaan pada tanggul di sungai, pihaknya juga melakukan pengamanan pantai dengan membangun tanggul dipinggir pantai untuk mengantisipasi terjadinya rob.

Ismail juga mengungkapkan kekhawatirannya soal kondisi bendungan yang ada di wilayahnya. Pasalnya, selain bendungan Jatigede Sumedang yang kondisinya masih tangguh,  terdapat juga sejumlah bendungan kuno yang dibangun sebelum Republik Indonesia berdiri, seperti Malahayu Brebes, Darma Kuningan, Ranca beureum Majalengka, Bolang Indramayu Sedong dan Setu Patok Kabupaten Cirebon.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: