Maret 2021, Jampersal Ibu Hamil di Kabupaten Cirebon Segera Digulirkan

0

Cirebon, inderawaspada.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan (SDK), dr Sudiyono menyatakan bahwa program layanan Jaminan Persalinan (Jampersal) gratis di tahun anggaran 2021 akan segera digulirkan pada Maret mendatang. Ia menyebutkan anggaran Jampersal di tahun 2021 itu bersumber dari APBN sebanyak Rp 6.033.500.000. Dimana bantuan tersebut nantinya bisa membantu untuk menekan angka kematian pada ibu hamil dan bayi. 

 

 

 

 

“Jampersal sudah mulai bisa digunakan mulai Maret ini, mudah-mudahan awal Maret akan digelar,” ujar dr Sudiyono di kantor Dinkes Kabupaten Cirebon pada Kamis, 11 Februari 2021 siang.

 

 

 

Namun begitu, saat ini pihaknya tengah menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) terlebih dahulu sebelum program tersebut digulirkan kepada masyarakat khususnya ibu hamil yang tidak mempunyai jaminan kesehatan apapun dari pemerintah.

 

 

 

 

“Insyaallah anggaran untuk Jampersal di tahun anggaran 2021 akan digulirkan, kita sambil menunggu Juknisnya,” katanya.

 

 

 

 

 

Sementara ini, lanjut dia, di bulan Januari hingga Februari 2021 pihaknya mengalihkan pasien ibu hamil untuk masuk kedalam kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS yang bersumber dari APBD.

 

 

 

“Dengan syarat, harus ada rekom dari Dinas Sosial (Dinsos). Kalau PBI BPJS buat orang yang tidak mampu yang tidak mempunyai kartu BPJS,” ujar dr Sudiyono.

 

 

 

Ia menerangkan langkah awal untuk pengajuan kepesertaan PBI BPJS, bahwa masyarakat terlebih dahulu datang ke Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos), kemudian ke Dinsos terakhir ke Dinkes setempat.

 

 

 

 

“Disertakan surat keterangan dari Rumah Sakit (RS), seperti surat Resiko Tinggi (Resti), dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Kira-kira penanganan kelahirannya, harus di rumah sakit,” terangnya.

READ  Pemprov Jatim Bersama BNPT Siap Integrasikan dan Identifikasi Kerawanan Sosial

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: