Nuraini Pastikan 363 Rumah KPM PKH di Desa Setu Wetan Bakal Dikasih Label Cat Semprot

0
Cirebon, inderawaspada.com- Pendamping Sosial Desa Setu Wetan, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Nuraini memastikan sebanyak 363 unit rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di desa tersebut bakal diberikan tanda labelisasi bertuliskan ‘Keluarga Pra Sejahtera Penerima Manfaat PKH’ dengan menggunakan cat semprot atau pilok.

 

“Pasti disemprot semua, soalnya kalau tidak nanti ada kesenjangan sosial. Ini disemprot, ini tidak,” kata Nuraini ketika mengawali kegiatan labelisasi penyemprotan rumah KPM PKH di kantor Desa Setu Wetan, Selasa (9/2/2021).

 

Hari ini, kata dia, dari jumlah 363 KPM di Desa Setu Wetan baru dilakukan tanda labelisasi sebanyak 144 rumah KPM program bantuan tersebut.

 

“Nanti disemprot semua, kita kan ada rolingan pendamping. Karena kita bertanggung jawab agenda pelabelan, untuk selanjutnya dilanjutkan ke pendamping yang bakalan melanjutkan di Desa Setu Wetan,” terangnya.

 

 

Menurut dia, jika seandainya KPM PKH di Desa Setu Wetan keberatan menolak untuk dilakukan tanda labelisasi penyemprotan rumahnya, maka KPM harus mengundurkan diri dari progam bantuan tersebut.

 

“Kalau dia (KPM) menolak (labelisasi) artinya, sudah menyatakan dirinya sejahtera. Kalau sudah sejahtera, aturan mainnya kita (KPM) harus mundur dari PKH. Karena, masih banyak yang layak yang mendapatkan PKH,” ujar Nuraini.
Kuwu Desa Setu Wetan, Ratnawati menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedepan asas transparansi dalam penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Salah satu upaya mewujudkan transparansi itu adalah dengan memberi label pada rumah setiap keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima bantuan tersebut.
“Kegiatan ini sesuai intruksi saja dari atas, dari atas tuh harus dilabelisasi rumah setiap KPM. Ya hari ini terlaksanakan, itu harus,” katanya.

 

READ  Gaji Belum Sejahterah, Ribuan Guru Honorer di Cirebon Padati Gedung PGRI

 

 

Menanggapi hal itu, Heninda salah seorang KPM PKH asal Blok Setu Barat RT 01 RW 01 menyatakan bahwa dirinya menerima rumahnya diberikan tanda labelisasi program bantuan tersebut.

 

 

“Ya gak papa sih, kalau itu memang sesuai prosedur sih,” katanya.

 

 

Juju seorang KPM asal Blok Setu Jero RT 02 RW 01menyatakan bahwa dirinya menerima rumahnya diberikan tanda labelisasi program bantuan tersebut.

 

 

“Gak papa, ikhlas,” ujar Juju.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: