Tak Perlu Khawatir, DPUPR Kabupaten Cirebon Konsen Perbaiki Jalan Berlubang 

0
Cirebon, inderawaspada.com- Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Cirebon melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan dan Peningkatan Jalan Jembatan, R Tomi Hendrawan meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya kerusakan jalan yang berlubang khususnya di pekerjaan tahun anggaran 2020 lalu. 

 

 

Karena menurutnya, hal tersebut masih dalam tahap pemeliharaan oleh penyedia jasa selama 6 bulan kedepan semenjak jalan yang rusak itu mulai diperbaiki hingga saat ini. Kemudian, usai 6 bulan kedepan jika masih ditemukan jalan yang rusak, dalam hal ini merupakan tanggung jawab dari DPUPR Kabupaten Cirebon.

 

 

 

“Masyarakat gak usah khawatir serah terima final kedua final hand over (FHO) itu masih tanggung jawab penyedia jasa, dan mau tidak mau kondisi jalan tersebut harus lebih baik,” ujar Tomi di kantor DPUPR Kabupaten Cirebon Jalan Pangeran Cakrabuana Nomor 100, Kecamatan Talun pada Senin (1/2/2021) pagi.

 

 

 

Tomi mencontohkan seperti halnya ruas jalan di wilayah Desa Trusmi Kulon, Kecamatan Plered yang baru-baru ini mengalami kerusakan. Hal ini pun masih dalam tahap pemeliharaan selama 6 bulan kedepan semenjak jalan tersebut mulai diperbaiki hingga saat ini.

 

 

 

Ia mengungkapkan kerusakan jalan di ruas jalan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya seperti intensitas curah air hujan tinggi, tidak adanya saluran air atau drainase di lokasi jalan yang rusak tersebut. Maka dari itu, kata dia, memang yang harus didahulukan terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan jalan itu adalah pembuatan saluran air, drainase, dan gorong-gorong.

 

 

 

“Nanti kedepan mudah-mudahan kita konsen ke bangunan perlengkapannya, biar nanti kalau curah hujan tinggi kondisi jalan itu diharapkan dalam keadaan baik. Kalau tidak disediakan saluran kiri-kanan, mau tidak mau air akan terjun bebas kejalanan,” terangnya.

 

READ  Disbudparpora Kabupaten Cirebon Ajak Pemuda Jauhi Narkoba 

 

Kondisi jalan berlubang di pertigaan penghubung antar desa wilayah Kecamatan Plered nampak tertutup oleh genangan air hujan, Kamis (28/1/2021). (Foto: Ubid/inderawaspada.com)
Kondisi jalan berlubang di pertigaan penghubung antar desa wilayah Kecamatan Plered nampak tertutup oleh genangan air hujan, Kamis (28/1/2021). (Foto: Ubid/inderawaspada.com)

 

 

Dengan adanya jalan yang berlubang tersebut, Tomi menyampaikan permohonan maafnya kepada masyarakat di Kabupaten Cirebon.

 

 

 

“Kami atas nama Pemkab Cirebon dalam hal ini DPUPR, sekali lagi memohon maaf yang sebesar-besarnya terhadap masyarakat Kabupaten Cirebon khususnya,” ucap Tomi dengan nada rendah.

 

 

Pada intinya, lanjut Tomi, saat ini pihaknya tengah konsen dalam upaya melakukan pemeliharaan jalan secara rutin, dan peningkatan jalan serta pembangunan jalan di Kabupaten Cirebon. Namun yang perlu diketahui, ujar ia, alokasi anggaran 2020 lalu di DPUPR setempat terdapat refochusing anggaran sebesar 87 persen.

 

 

“Karena memang supaya masyarakat juga mengetahui kegiatan-kegiatan kita ditahun anggaran 2020 kemarin, kita lebih mementingkan sifat kemanusiaan terkait apa? Terkait dengan Covid-19. Jadi anggaran kita yang kemarin (2020), yang bisa kita launching 14 persen,” tutur Tomi.

 

 

 

Tidak hanya itu, pada tahun 2021 ini pihaknya pun tengah konsen dalam upaya memperbaiki jalan rusak akibat bencana alam seperti salah satunya banjir.

 

 

“Jadi doakan saja, masyarakat lebih menikmati jalan-jalan yang bisa lebih baik lagi daripada tahun anggaran sebelumnya,” ucapnya.

 

 

Kendati demikian, Tomi berjanji bahwa kerusakan jalan di wilayah tersebut akan segera diperbaiki kembali pada akhir Februari 2021 mendatang.

 

 

“Khusus di kegiatan-kegiatan yang kemarin dilaksanakan di tahun anggaran 2020 yang masih terjadi kerusakan, tetap kita akan konsen perbaiki kembali seperti semula. Insyaallah dipenghujung Februari (2021) pun sudah dalam kondisi baik lagi,” tandas Tomi.

 

 

 

Menanggapi hal itu, Kuwu Desa Trusmi Kulon, Abdul Tolib menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPUPR Kabupaten Cirebon yang telah merespon keluhan dari para pengguna jalan terkait jalan berlubang.

 

READ  H+1 Idul Fitri Arus Mudik Kapal Laut Dari Wilayah timur Masih Deras

 

 

Walaupun begitu, dirinya tetap menunggu kabar baik dari DPUPR setempat yang berencana akan memperbaiki ruas jalan berlubang di wilayahnya.

 

“Alhamdulillah kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada DPUPR, yang konon mau memperbaiki jalan yang berlubang di salah satu wilayah Desa Trusmi Kulon,” katanya ketika dihubungi melalui telepon selulernya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: