Darma, Perajin Rotan Asal Cirebon Curhat Soal Kesulitan Cari Bahan Baku

0

Cirebon, inderawaspada.com- Seorang perajin sekaligus supliyer rotan, Darma (47) asal Desa Bode Sari, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mencurahkan seluruh isi hatinya. Dalam curahan hatinya, ia menuturkan bahwa bahan baku rotan saat ini tengah sulit untuk ditemukan. 

 

 

 

“Kesulitannya sepertinya faktor cuaca kata yang punya bahan sih, apalagi ke Sulawesi kesini susah,” kata Darma ketika ditemui di tempat produksi rotan miliknya, Selasa (26/1/2021) siang.

 

 

Menurutnya, kesulitan bahan baku rotan sudah terjadi sejak Oktober 2020 lalu hingga sekarang. Ia mengungkapkan akibat kesulitan itu berimbas kepada waktu produksi rotan menjadi cukup lama. Hal ini tentunya dapat mengganggu produksi kerajinan rotan.

 

 

 

“Kesulitan kita produksi, jadi bahannya kurang banget. Jadi (produksi) tidak memenuhi target, waktu jadi delay. Dampaknya itu,” katanya.

 

 

 

Dia mencontohkan, seharusnya dalam 1 Surat Perintah Kerja (SPK) yang ia terima, bahwa dalam produksi rotan minimal membutuhkan waktu 3 pekan. Namun, terang dia, hal ini jika bahan baku rotan tidak mengalami kesulitan. Justru sebaliknya, akibat kesulitan itu produksi rotan dapat menelan waktu 5 pekan hingga 6 pekan.

 

 

“Sekarang bisa molor sampai 5 hingga 6 Minggu, karena kekurangan bahan. Kalau sekarang gak bisa, jatuhnya 5 sampai 6 Minggu mundur delay waktunya, karena bahannya sulit terpaksa mundur lagi waktunya,” tutur Darma.

 

 

 

“Dari depot-depot wilayah sini gak langsung dari Sulawesi, kalau langsung ke Sulawesi misalkan sekian ton harus ada, terus susah masuk ke Sulawesi,” lanjutnya.

 

 

 

Sudah mengalami kesulitan bahan baku rotan, kata dia, saat ini pun harga bahan baku rotan terus mengalami kenaikan harga.

 

READ  Pertamina Turunkan Harga BBM

 

 

 

“Sekarang bahan (baku rotan) naik terus, tapi gak ada barang. Kalau bahan naik ada barang, maksudnya bisa dikoordinasi sama yang punya pabrik. Bagaimana caranya, subsidi silang atau gimanakan bisa jalan,” ujarnya.

 

 

Darma berharap kedepannya agar tidak terjadi lagi kelangkaan bahan baku rotan di wilayah Cirebon.

 

 

 

“Seperti semula normal lagi bahannya, biar kita gak dikejar waktu terus bisa tepat waktu sama pabrik-pabrik kita disini,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: