Bencana Tanah Bergerak di Majalengka, 7 Rumah warga Terdampak

0
Majalengka, Inderawaspada – Sedikitnya tujuh rumah dilaporkan terdampak bencana tanah bergerak di Blok Cinangka, Desa Cengal, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Kamis (21/1/2021).
Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto mengatakan, peristiwa tersebut, terjadi setelah wilayah Kabupaten Majalengka diguyur hujan. Akibat dari pergerakan tanah tersebut, 7 rumah warga mengalami dinding retak-retak.“Berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan Danramil ke lokasi kejadian, bahwa ketujuh rumah warga yang terdampak pergerakan tanah tersebut, milik Omo, Rosidin, Budianto, Anda, Jamhuri, Rahmat dan Suhayat,” Kata Dandim
Dandim menjelaskan, bahwa menurut keterangan warga setempat, sebelumnya pergerakan tanah juga telah terjadi sekitar bulan Nopember 2018 lalu. Namun kondisi pergerakan tanah belum menghawatirkan terhadap kondisi bangunan rumah.Selanjutnya, kata Dandim, bahwa di bulan Oktober 2019 juga terjadi kembali pergerakan tanah yang mengakibatkan satu rumah warga hingga harus di renovasi bagian atap dan dindin.Di tahun 2021 ini dari laporan warga bahwa kondisi pergerakan tanah semakin menghawatirkan terhadap keselamatan masyarakat. Namun, rumah warga yang ditempatinya merupakan tanahnya milik perhutani, sehingga apabila relokasi harus menempuh ijin.
“Kami menghimbau kepada masyarakat apabila hujan agar mengungsi sementara waktu. Hal ini demi mengantisipasi yang tidak diharapkan,” Imbaunya. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: