Dirjen Cipta Karya BPP Jabar Serahkan Bangunan Renovasi Gedung Sekolah di Kabupaten Cirebon 

0

Cirebon, inderawaspada.com- Direktorat Jendral (Dirjen) Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman (BPP) Wilayah II Jawa Barat (Jabar) secara simbolis melakukan serah terima bangunan/rehabilitasi gedung sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon. Kegiatan tersebut bertempat di SMPN 2 Plumbon, Rabu (13/1/2021) siang. 

 

Kepala Pelaksana Satuan Kerja Wilayah II Balai Prasarana Permukiman (BPP) Jabar, Indra Gunawan menjelaskan, pihaknya telah melakukan penyerahan serah terima bangunan/rehabilitasi bangunan gedung ke 5 sekolah wilayah Kabupaten Cirebon. Kelima sekolah itu adalah SMPN 2 Plumbon, SMPN 2 Jamblang, SMPN 1 Talun, SDN Sinarbaya, SDN Tanjung Anom.

 

“Sebelumnya seperti yang kita ketahui sekolah SMPN 2 Plumbon ini (pernah) roboh bangunannya, dan karena memang ada beberapa struktur bangunan sudah banyak rayap dan sebagainya akhirnya kita bantu perbaiki,” kata Indra usai acara penyerahan tersebut di SMPN 2 Plumbon.

Lanjut Indra, ketika pekerjaan ini sudah selesai secara otomatis pekerjaan tersebut diserahkan kepada PUPR. Tambahnya, ketika sudah selesai maka pihaknya menyerahkan kembali bantuan tersebut kepada Dinas Pendidikan (Disdik) setempat.

 

“Nanti diserahkan kembali kepada pihak sekolah, artinya bangunan yang sudah diperbaiki kini sudah bisa dipergunakan kembali untuk pembelajaran seperti biasanya,” terangnya.

 

Menurutnya, penyerahan tersebut dilakukan secara simbolis. Mengingat dimasa pandemi Covid-19 ini tidak boleh mengumpulkan orang dalam jumlah banyak.

 

“Jadi kita undang beberapa kepala sekolah yang sekolahnya sudah kita perbaiki,” kata Indra kepada sejumlah awak media.

 

Untuk di wilayah Jabar, kata dia, di tahun 2020 lalu ada 3 Kabupaten yang mendapatkan bantuan rehabilitasi/renovasi bangunan sekolah. Ketiga Kabupaten itu adalah Cirebon, Majalengka, dan Garut. Dimana pekerjaan tersebut dilakukan pada 2020 lalu dan selesai pada 2021 ini.

 

READ  Kapolres Cirebon Kota, bentuk Tim Pokja Pembangunan Zona Integritas menuju WBK ( Wilayah Bebas Korupsi )

“Ini adalah anggaran keuangan pemerintah pusat yang nanti dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab Cirebon). Jadi kalau sekarang serah terima pengelolaan sementara ini, artinya menyerahkan pekerjaan yang sudah selesai untuk segera digunakan kembali,” tutur Indra.

 

Dalam kesempatan ini, Indra berharap bangunan yang telah diserahterimakan itu harus dipelihara, dirawat dan segera diperbaiki secara maksimal mungkin. Hal ini jika terdapat bangunan yang rusak.

 

“Karena hasil dari pekerjaan pelaksana nanti kita akan perbaiki, karena masih ada waktu untuk masa pemeliharaan,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 2 Plumbon, H Sa’diyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah membantu memperbaiki bangunan sekolah tersebut.

 

“Karena yang semula (10/2019) lalu mungkin sekolah kami terasa kumuh, rusak, dan ambruk. Sekarang, alhamdulillah sudah direhab dan sudah menjadi bagus,” katanya.

 

“Tantangan kedepan buat kita adalah untuk memelihara dan merawat agar gedung sekolah ini bisa digunakan secara maksimal oleh generasi bangsa yang menimba ilmu, khususnya di dunia pendidikan,” lanjut Sa’diyah.

 

Kadisdik Kabupaten Cirebon, H Asdullah bersama Kepala Satuan Kerja Pelaksana Wilayah II Balai Prasarana Pemukiman (BPP) Jabar, Indra Gunawan usai menandatangani berita acara penyerahan bangunan rehabilitasi/renovasi gedung sekolah di SMPN 2 Plumbon, Rabu (13/1/2021) siang.
Kadisdik Kabupaten Cirebon, H Asdullah bersama Kepala Satuan Kerja Pelaksana Wilayah II Balai Prasarana Pemukiman (BPP) Jabar, Indra Gunawan usai menandatangani berita acara penyerahan bangunan rehabilitasi/renovasi gedung sekolah di SMPN 2 Plumbon, Rabu (13/1/2021) siang.

 

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Cirebon, H Asdullah juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah membantu memperbaiki bangunan di 5 sekolah tersebut.

 

“Minimalnya satu nama Kabupaten Cirebon terangkat kembali. Kedua mengurangi anggaran Kabupaten Cirebon untuk perbaikan sekolah, karena ini anggarannya dari pusat,” kata H Asdullah sambil tersenyum.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: