Balck Box Sriwijaya Air SJ-182 yang Jatuh di Kepulauan Seribu Telah Ditemukan

0

Jakarta, Inderawaspada – Black Box atau kotak hitam Sriwijaya Air SJ-182 yang berhasil ditemukan oleh Tim Penyelam TNI Laut (AL) telah dibawa ke Dermaga JICT 2, Jakarta, Selasa (12/01/2021).

Black box ini kemudian diserahterimakan Panglima TNI Hadi Tjahjanto kepada Basarnas dan Komite Nasioanl Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Mohon doa masyarakat agar pembacaan data FDR yang kami perkirakan memakan waktu dua samapi lima hari berjalan lancar dan segera dapat mengungkapkan misteri yang jadi penyebab kecelakaan ini,” ucap Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono Soejanto.

Selain FDR, tim SAR gabungan juga menemukan pinger. Namun pembising atau pinger tersebut terlepas dari black box. “Alhamdulillah kita bisa menemukan FDR,” jelasnya.

Black box terdiri dari dua perangkat antara lain Cockpit Voice Recorder (CVR) dan Flight Data Recorder (FDR). CVR berisi rekaman percakapan dalam kokpit pesawat dan FDR berisi rekaman data penerbangan.

Kotak hitam ini adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi, umumnya menuruk kepada perekam data penerbangan dan perekam suara kokpit dalam pesawat terbang.(maf/sindonews)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: