Awal 2021, Ratusan Perkara Perceraian Masuk di PA Sumber

0

Cirebon, inderawaspada.com- Humas Pengadilan Agama (PA) Kelas I A Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Abdul Aziz mengatakan, di awal tahun 2021 ini sedikitnya ada sekitar kurang lebih 500 perkara perceraian yang telah masuk di kantor PA Kelas I A Sumber. 

 

“Yang terselesaikan belum 50 persen, karena perkara masuk itu ada proses,” ujar Abdul Aziz di kantor PA Kelas I A Sumber pada Selasa, 12 Januari 2021 siang.

 

Menurutnya, yang mendominasi perkara tersebut masuk di PA Kelas I A Sumber itu adalah cerai gugat. Sedangkan cerai gugat berada pada posisi pertama, dan cerai talak bertengger pada posisi kedua.

 

 

“Disini saya perhatikan cerai gugat (istri) itu hampir diatas 60 persen. 60 persen itu, rata-rata yang mengajukan gugat itu istri,” terangnya.

 

Humas PA Kelas I A Sumber Kabupaten Cirebon, Abdul Aziz di kantornya pada Selasa, 12 Januari 2021 siang. (Foto: Ubid/inderawaspada.com)
Humas PA Kelas I A Sumber Kabupaten Cirebon, Abdul Aziz di kantornya pada Selasa, 12 Januari 2021 siang. (Foto: Ubid/inderawaspada.com)

 

Abdul Aziz menilai faktor ekonomilah yang menjadi salah satu penyebab gugatan perceraian di awal tahun 2021. Terlebih, lanjutnya, mereka (istri) memutuskan berpisah dari suaminya karena dilatar belakangi oleh faktor ekonomi yang semakin terpuruk akibat wabah Covid-19.

 

“Mereka mata pencaharian sudah berkurang, otomatis dia (suami) pengaruhnya terhadap keluarganya. Biasanya mungkin anaknya dapat jajan sekian, sekarang sedikit ataupun tidak,” kata Abdul Aziz.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: