Uu Ruzhanul Minta APDESI Pecut Kemajuan 5.312 Desa di Jabar

0

Garut, Inderawaspada.com-Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara “Ngobrol Santai dan Evaluasi Akhir Tahun” bersama Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Jabar di Saung Budaya Ciburial, Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Kamis (31/12/2020).

Dalam acara tersebut, Kang Uu berharap APDESI Jabar bisa turut serta mendorong potensi 5.312 desa yang ada di Jabar.

Kang Uu pun meminta APDESI Jabar untuk meningkatkan peran edukasi dalam rangka peningkatan kapasitas para kepala desa se-Jabar.

“Maka APDESI adalah corong dari desa itu sendiri, APDESI tugasnya mengawal kinerja kepala desa itu sendiri,” ucap Kang Uu.

“Jika ada kepala desa yang lelet, APDESI bisa bantu mengingatkan. Jika di suatu desa tidak ada pembangunan atau tidak ada kemajuan, maka APDESI harus memecut agar desa itu maju,” tambahnya.

Selain itu, Kang Uu mengapresiasi APDESI yang telah menjalankan peran sebagai mediator yang menghubungkan pemerintah desa dan pemerintah provinsi.

Ia menilai, tata kelola pemerintahan yang baik juga perlu dimiliki setiap desa. Harapannya, dengan manajemen yang baik, desa mampu menjawab tantangan zaman.

Selain itu, APDESI Jabar juga harus mampu mengawal dan memastikan bahwa program pemerintah betul-betul dirasakan oleh masyarakat.

Kepada kepala desa, Kang Uu berpesan agar mereka bisa memaksimalkan peran BUMDes dalam pembangunan di wilayahnya, termasuk untuk menurunkan angka kemiskinan di desa.

Sementara itu, Ketua DPD APDESI Jabar, Dede Kusdinar, menegaskan bahwa pihaknya akan selalu mendukung program- program pemerintah sekaligus menjaga situasi damai dan kondusif di masyarakat.

“Kami pub siap membangun harmonisasi, soliditas, dan sinergitas dengan semua pihak sehingga APDESI Jabar bisa menjadi wadah pemersatu bagi desa-desa di Jabar,” kata Dede. (Deden)

READ  1,5 Tahun COVID-19, Ridwan Kamil: Gotong Royong Warga Makin Tinggi

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: