Dinas Pertanian Sampang Pantau Persawahan Terserang Hama

0

news.inderawaspada.com, Sampang – Mendapatkan laporan Kelompok Tani Desa Dharma Camplong tentang kerusakan tanaman Padi akibat terserang hama, Dinas Pertanian Sampang dengan sigap turun ke lokasi untuk mengetahui penyebabnya.

Saat memantau area persawahan, Dinas Pertanian juga datang bersama Ketua Balai Pelatihan Pertanian Camplong diantaranya Kepala Bidang Pertanian Sampang, Suyono, Kepala BPP Camplong H E. D Wahyudi, Bidang Pengamat Hama Penyakit Jony dan Penyuluh Pertanian Lapangan Eka Ayu Trisna beserta staf yang lain.

Sementara Kepala Bidang Pertanian Sampang Suyono menjelaskan, setelah melihat area lokasi, dirinya akan melakukan pengecekan terlebih dahulu soal hama yang menyerang tanaman padi milik warga.

“Melalui Pengamat Hama, kami akan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Hama apa yang menyerang tanaman padi barulah nanti kita lakukan Peptisida dengan cara penyemprotan,” katanya pada media ini, kamis (14/2).

Sebagai Pengamat Hama, Jony jugamenjelaskan, Hama yang menyerang tanaman padi Petani ialah jenis Hama “Xanthomonas Orizae”. Menurutnya, Hama tersebut juga bisa menular dan menyerang tanaman padi petani lain.

“Ada beberapa faktor yang memicu hama ini antaran lain, faktor pemilihan bibit yang tidak berlebel, curah hujan yang kurang dan pemupukan yang berlebihan,” terangnya.

Selanjutnya, dalam kegiatan pemantauan ke lokasi ditutup dengan antusias warga bersama-sama melakukan penyemprotan keseluruh tanaman padi yang terkena penyakit. (20z)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: